Sukses

Harga Emas Dunia Melemah Terbebani Rencana Pajak Trump

Emas untuk pengiriman Juni turun US$ 3 atau 0,2 persen

Liputan6.com, Jakarta Harga emas melemah pada perdagangan Rabu atau Kamis waktu waktu Indonesia setelah Donald Trump mengeluarkan proposal pajaknya.

Harga emas turun juga ditopang oleh penguatan dolar dan saham, namun logam mulia ini diperdagangkan menguat di transaksi elektronik.

Melansir Marketwatch, Kamis (27/4/2017), emas untuk pengiriman Juni turun US$ 3 atau 0,2 persen untuk menetap di harga US$ 1.264,2 per ounce. Itu merupakan harga terendah sejak 10 April, menurut Factset Data.

Angka tersebut muncul menyusul Menteri Keuangan AS Steven Munchin dan penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn mulai menguraikan rencana soal pajak Presiden Donald Trump.

Di transaksi perdagangan elektronik, hanya setengah jam setelah rilis tersebut, harga naik ke level US$ 1.268,9.

Pada konferensi pers Rabu sore, Munchin mengatakan proposal tersebut termasuk pajak badan 15 persen turun dari angka sebelumnya 35 persen.

"Fakta yang tak bisa dihindari adalah jika rencana ini disepakati, akan memeprcepat pertumbuhan ekonomi AS," tutur Brien Lundin, Editor Gold Newsletter.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini