Sukses

Jokowi Resmikan Proyek Rusun Murah untuk Buruh, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan 6 ribu unit rumah susun sederhana milik (rusunami) untuk pekerja Jalan Raya Bukit Sarua, Tangerang Selatan hari ini, Kamis (27/4/2017). Rusunami ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan rumah layak pada pekerja atau buruh.

Jokowi menerangkan, rusunami pekerja ini merupakan bagian dari rencana yang akan dibangun PT PP Tbk sebanyak 9 ribu unit.

"Tadi saya bertanya ke Pak Dirut PT PP ini yang bangun berapa, yang akan dibangun 9 ribu unit, tapi yang akan ditawarkan untuk pekerja untuk buruh adalah 6 ribu unit," kata dia saat peresmian, di Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).

Dia menuturkan, rumah yang akan dibangun ialah rumah yang layak huni bertipe 30. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, yakni Rp 293 juta. Terlebih, rusunami yang ditawarkan memiliki lokasi strategis.

"Saya tanya harganya berapa, harganya Rp 293 juta, DP-nya berapa, saya kira pekerja tanya DP, DP-nya hanya 1 persen. Berarti DP-nya Rp 2,9 juta. Saya kira mampu pekerja," ujar dia.

Cicilan yang dibebankan ke pekerja pun relatif rendah, yakni sekitar Rp 1,2 juta. Jokowi mengatakan, pihaknya akan mendorong pembangunan rumah supaya pekerja mendapat hunian yang layak.

"Harganya Rp 293 juta, DP-nya kalau 1 persen Rp 2,9 juta. Kira-kira mampu enggak pekerja? Mampu, nah yakin gitu lho. Kalau mampu saya dorong BUMN, BPJS, baik PT PP untuk bangun ini. Kemudian per bulan cicilnya berapa Rp 1,2 juta," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.