Sukses

Yuk, Perbaiki Pola Tidur Supaya Lebih Produktif

Apa Anda sering merasa kurang produktif di kantor? Mungkin salah satu faktornya karena Anda kurang tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa di antara Anda yang sering merasa kurang produktif di kantor? Mungkin salah satu faktornya karena Anda kurang tidur. Umumnya, tidur menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi semua orang.

Tidur yang tidak teraturakan beraktibat buruk bagi tubuh Anda dan biasanya ini akan menimbulkan gangguan kesehatan jika dibiasakan secara terus menerus.

Maka dari itu, Anda sangat dituntut untuk tidur atau istirahat yang teratur demi menjaga kesehatan, tubuh tetap bugar, peredaran darah menjadi lebih lancar dan tetap produktif ketika di kantor.

Namun, bagaimana cara memperbaiki pola tidur yang tidak teratur? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

Buat jadwal tidur dan bangun

Selain niat, ada lagi yang penting, yaitu membuat serta mengatur jadwal tidur dan bangun. Sebab, batas normal orang dewasa tidur membutuhkan waktu minimal 7 jam hingga 9 jam. Misal, buatlah jadwal tidur paling lambat jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi.

Coba rutinkan jadwal yang sudah diatur selama seminggu penuh. Anda akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang teratur dan merasakan perubahannya ketika di kantor. Tiap pagi yang biasanya sering merasa kantuk ketika jam kerja, dengan jadwal yang rutin ini, Anda tidak lagi merasa kantuk.

Sisipkan waktu untuk berolahraga

Setelah bangun lebih pagi, biasakan sisipi olahraga ringan, seperti yoga atau berjalan disekitar halaman rumah. Dengan cara ini, Anda akan terasa menjadi lebih bugar dan juga lebih bersemangat pada saat menjalankan akivitas-aktivitas berikutnya.

Asupan makanan



Asupan makanan dan minuman juga penting untuk dijaga

Ternyata asupan makanan dan minuman juga berpengaruh lho terhadap pola tidur. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan insomnia, di mana kondisi badan sulit untuk tidur.

Untuk menghindarinya, biasakan untuk minum air putih saat bangun tidur untuk memperlancar peredaran darah, hindari minuman yang mengandung kafein di sore hari. Selain itu makanlah makanan yang bergizi seperti oatmeal, pisang dan juga kacang-kacangan.

Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang paling penting. Anda bisa menghabiskan banyak waktu di kamar tidur dengan berbagai macam aktivitas. Untuk itu, sebaiknya kamar tidur harus ditata senyaman mungkin. Memiliki kamar tidur yang rapi dan nyaman juga akan membantu pola tidur menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.