Sukses

Harga Bahan Pokok Stabil, Menko Darmin Harap April Cetak Deflasi

Pemerintah berharap perekonomian Indonesia pada April 2017 masih mengalami deflasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berharap perekonomian Indonesia pada April 2017 masih mengalami deflasi. Lantaran pemerintah sudah berupaya untuk menstabilkan harga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, ‎pemerintah telah berusaha membuat harga kebutuhan pokok stabil, sehingga inflasi masih tetap terjaga, bahkan diharapkan kembali mengalami deflasi.

"Kami berharap inflasi April masih rendah, bahkan deflasi sedikit. Itu karena satu,‎ musim sedang baik dan kedua karena kebijakan," kata Darmin, di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Namun ketika ditanyakan angka deflasi April yang diinginkan, Darmin belum bisa menyebutkan. Lantaran, parameter tersebut baru akan diumumkan pada awal bulan berikutnya.

"Ini baru pertengahan, tanya itu akhir bulan dong," tutur Darmin.

Menurut Darmin, saat ini tidak ada masalah serius terhadap stok kebutuhan pokok, ‎sehingga harganya pun tidak mengalami kenaikan. Bahkan harga komoditas yang mengalami kenaikan sudah mulai turun.

"Gula membaik sedikit harganya, bukan naik. Daging sebetulnya tidak naik juga, jadi pangan masih oke," papar Darmin.

Darmin mengakui, masih ada kenaikan harga pada komoditas bawang putih. Saat ini pemerintah sedang mencari solusi untuk mengatasi gejolak tersebut. "Bawang putih sedikit tidak besar (kenaikan harganya), kami sedang cari jalan agar bawang putih bisa kembali normal," tutup Darmin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.