Sukses

Harga Bawang Putih Tembus Rp 60 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta Harga bawang, baik bawang merah dan bawang putih mengalami lonjakan yang cukup signifikan di pasar tradisional. Kenaikan tersebut disebabkan oleh berkurangnya pasokan.

Sutamaji (50), pedagang di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan mengatakan, harga bawang putih saat ini mencapai Rp 60 ribu per kg. Kenaikan terjadi dalam sepekan, di mana pekan sebelumnya dihargai Rp 40 ribu per kg.

Dia mengatakan, di Pasar Induk Kramat Jati yakni tempat bawang putih tersebut dipasok harganya mencapai Rp 55 ribu per kg.

"Dari Pasar Induk sudah Rp 55 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Jumat (28/4/2017).

Kenaikan juga terjadi pada bawang merah yang saat ini mencapai Rp 35 ribu per kg. Sebelumnya, bawang merah dijual seharga Rp 30 ribu per kg.

"Dari Induk sudah Rp 28 ribu per kg paling nggak," ungkap dia.

Sementara, harga cabai di pasar tradisional relatif stabil. Harga cabai rawit merah di kisaran Rp 70 ribu per kg, sedangkan cabai keriting merah Rp 30 ribu per kg.

"Cabai rawit stabil Rp 65 ribu-70 ribu per kg. Sebulan sudah ada harganya segitu," terangnya.

Demikian pula disampaikan Satiyah (36) pedagang lain. Saat ini, harga komoditas bawang memang terpantau tinggi. "Bawang lagi pada naik, mahal semua ini," tandas dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com

Bawang putih Rp 60 ribu per kg
Bawang merah Rp 35 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 70 ribu per kg
Cabai keriting merah Rp 30 ribu per kg
Tomat Rp 10 ribu per kg
Kentang Rp 15 ribu per kg
Wortel Rp 10 ribu per kg
Timun Rp 7 ribu per kg
Daun bawang Rp 15 ribu per kg
Selederi Rp 25 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Terong Rp 10 ribu per kg
Oyong Rp 10 ribu per kg
Buncis Rp 12 ribu per kg
Jeruk nipis Rp 15 ribu per kg
Kol Rp 8 ribu per kg.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.