Sukses

Melon Langka Asal Jepang Laku Terjual Rp 370 Juta

Selain terkenal dengan bunga sakuranya, Jepang juga merupakan salah satu produsen buah-buahan berkualitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Selain terkenal dengan bunga sakuranya, Jepang juga merupakan salah satu produsen buah-buahan berkualitas tinggi. Tak heran apabila negeri matahari terbit ini mampu menjual buah-buahan dengan harga yang mahal.

Seperti sebuah melon ini sebagai contohnya. Melon premium asal kota Yubari, Jepang ini dijual dengan harga 21.500 pound sterling atau setara Rp 370 juta. Melon manis berwarna jingga ini dijual dalam acara lelang, demikian yang dilansir dari The Independent, Jumat (28/4/2017).

Melon ini bisa dijual dengan harga fantastis karena dibudidayakan dengan bibit unggul dan cara khusus. Berkat hal ini pula, melon tersebut dinamakan Yubari King.

Harga yang dijual dalam lelang mampu memecahkan rekor sebagai melon termahal yang pernah dijual.

Tanpa lelang, satu Yubari King bisa dihargai hingga US$ 100 atau 1,3 juta rupiah. Meskipun jauh lebih murah, tetap harga tersebut di atas rata-rata untuk buah-buahan.

Yubari King juga merupakan hasil persilangan dari 2 jenis cantaloupe atau melon jingga. Melon jenis ini hanya diproduksi di daerah Yubari dan berbuah pada musim tertentu.

Yubari King istimewa karena rasanya yang sangat manis. Bersama dengan daging sapi Kobe, melon ini mendapat status perlindungan khusus dari pemerintah Jepang.

Pemenang dari lelang tersebut merupakan pemasok dari supermarket buah Perfektur Hyogo. Ia rela membeli melon dengan harga mahal sebagai bagian dari balas budi kepada petani.

"Saya ingin membalas budi pada petani Yubari, yang membantu kami setiap tahunnya," ujarnya. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.