Sukses

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Anda Bangkrut Saat Liburan

Agar liburan bisa berjalan dengan baik, maka Anda pun harus bisa mengatur semua rencananya dengan baik termasuk dalam urusan finansial.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal merah seringkali dimanfaatkan orang dengan berlibur dan bersantai sejenak. Banyak pilihan yang bisa dilakukan, mulai dari mengunjungi tempat wisata, pergi ke luar negeri hingga mengunjungi sanak saudara.

Agar liburan bisa berjalan dengan baik, maka Anda pun harus bisa mengatur semua rencananya dengan baik termasuk dalam urusan finansial. Tahukah Anda, ada beberapa hal yang bisa membuat kondisi keuangan Anda memburuk saat berlibur apabila tidak berhati-hati.

Berikut 5 hal yang bisa membuat Anda bangkrut ketika liburan seperti dilansir dari Bankrate.com, Sabtu (29/4/2017)

1. Makan di restoran

Jika sedang berada di luar negeri atau luar kota, manfaatkanlah hal tersebut untuk mencicipi makanan khas. Menghabiskan waktu Anda untuk makan di restoran hanya akan membuang-buang uang dan memperburuk kondisi finansial.

2. Membeli tiket pesawat dan hotel secara mendadak

Jika Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur, akan lebih baik apabila sudah membeli tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari. Selain bisa membuat Anda lebih nyaman, harga yang ditawarkan maskapai dan hotel juga akan lebih murah bagi mereka yang membeli keperluan akomodasi dari jauh hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja oleh-oleh berlebihan

3. Belanja oleh-oleh berlebihan

Sudah menjadi tabiat orang Indonesia untuk membeli oleh-oleh kala sedang berlibur. Meski merupakan suatu hal yang lumrah, Anda juga harus memikirkan kondisi keuangan Anda ketika sedang berbelanja. Jangan sampai berlebihan memborong oleh-oleh yang Anda inginkan.

4. Belanja dengan kartu kredit

Kartu kredit memang bisa membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah. Tapi, ketika sedang liburan sebaiknya Anda tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Akan lebih baik apabila Anda membawa uang tunai agar pengeluaran yang dilakukan dapat tercatat dengan baik.

5. Tidak menggunakan transportasi lokal

Banyak pilihan jenis transportasi yang bisa Anda pakai saat sedang berlibur. Namun agar bisa lebih berhemat akan lebih baik apabila Anda menggunakan transportasi lokal. Walau memiliki tingkat kenyamanan yang tidak terlalu tinggi, transportasi lokal juga bisa membantu Anda untuk menjelajahi suatu tempat dengan lebih mudah. Anda juga bisa berinteraksi dengan warga setempat kala sedang menggunakan moda transportasi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.