Sukses

20 Perjalanan Kereta dari Gambir Berhenti di Jatinegara Hari Ini

Rekayasa merupakan upaya antisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan penumpang kereta akibat kemacetan di sekitar Stasiun Gambir.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan rekayasa untuk menghindari terhambatnya perjalanan kereta api seiring aksi unjuk rasa untuk merayakan Hari Buruh pada 1 Mei 2017.

Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengatakan,‎ rekayasa merupakan upaya antisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan penumpang kereta akibat kemacetan di sekitar Stasiun Gambir.

Aksi memperingati Hari Buruh internasional (May Day) pada hari ini berfokus di sekitar kawasan Monas. "Maka PT KAI Daop 1 Jakarta pada akan melakukan rekayasa pola operasi KA. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," kata dia di Jakarta, Senin (1/5/2017).

Dalam rekayasa pola operasi tersebut, 20 kereta yang biasa berangkat dari stasiun Gambir, pada hari ini akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara.

"Jadi penumpang kereta yang kesulitan menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara. Biasanya kereta keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara," ujar Suprapto.

‎Dengan begitu, kata Suprapto, para penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking kereta pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara.‎

Hal ini berlaku mulai keberangkatan KA 10122 Argo Parahyangan Tambahan keberangkatan pukul 07.15. Sampai dengan KA 28 Argo Parahyangan keberangkatan pukul 17.40.

Total ada 20 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang juga akan diberhentikan luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara guna pelayanan penumpang yang mungkin kesulitan naik dari Stasiun Gambir.

Ke-20 KA itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, tapi ada penyesuaian pola operasi di Stasiun Jatinegara sehingga juga berhenti di Stasiun tersebut.

PT KAI mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan keretanya, sehingga tidak tertinggal. "Pastikan selalu nama yang tertera pada tiket atau kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas Anda," jelas dia.

Berikut daftar KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan juga akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara :
   - KA 10122 (Argo Parahyangan Tambahan)
   - KA 38F (Argo Parahyangan Fakultatif)
   - KA 10 (Argo Dwipangga)
   - KA 22 (Argo Parahyangan)
   - KA 52 (Taksaka)
   - KA 62 (Tegal Bahari)
   - KA 2 (Argo Bromo Anggrek Pagi)
   - KA 10F (Argo Dwipangga Fakultatif)
   - KA 7014 (Taksaka Tambahan)
   - KA 16 (Argo Jati)
   - KA 24 (Argo Parahyangan)  
   - KA 64 (Tegal Bahari)
   - KA 68 (Cirebon Ekspress)
   - KA 34 (Argo Parahyangan)
   - KA 56 (Bangunkarta)
   - KA 26 (Argo Parahyangan)
   - KA 12 (Argo Sindoro)
   - KA 44 (Bima)
   - KA 18 (Argo Jati)
   - KA 42 (Gajayana)
  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.