Sukses

Rute Internasional Garuda Terbang dari Terminal 3 Hari Ini

Kemarin, PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar apel kesiapan operasional Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta Penerbangan rute luar negeri Garuda Indonesia resmi beroperasi dari Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Senin (1/5/2017) ini.

Kemarin, PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar apel kesiapan operasional Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta menjelang penerbangan perdana rute luar negeri Garuda Indonesia.

“AP II berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak yang mendukung khususnya Kementerian Perhubungan dalam ini Direktorat Jendral Perhubungan Udara serta Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Bandara Soekarno-Hatta, sehingga Terminal 3 Internasional dapat melayani penerbangan internasional," ujar Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk menyukseska operasional rute internasional maskapai Garuda Indonesia ini, antara lain dengan kesiapan main building di terminal 3 internasional yang sudah mencapai 100 persen.

Pada penerbangan perdana rute internasional di Terminal 3, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 63 penerbangan internasional dengan sejumlah tujuan. 

Penerbangan diawali dengan penerbangan keberangkatan GA 824 rute Jakarta – Singapura pada pukul 06:10 WIB dan penerbangan kedatangan GA 823 rute Singapura – Jakarta pada pukul 08:15 WIB.

Terminal 3 Internasional pada tahap awal ini akan melayani penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan jumlah boarding gate yang tersedia sebanyak 6 gate (gate 5, gate 6, gate 7, gate 8, gate 9, dan gate 10).

Ke depannya jumlah boarding gate ketika Terminal 3 Internasional sudah beroperasi penuh akan menjadi sebanyak 14 gate.

Selain itu, Terminal 3 Internasional memiliki parking stand untuk pesawat wide body sebanyak 14 parking stand dan untuk pesawat narrow body sebanyak 11 parking stand, sehingga kapasitas parkir secara keseluruhan adalah 25 parking stand, termasuk diantaranya 3 parking stand khusus untuk pesawat Boeing A380.

Terminal 3 Internasional juga mengaplikasikan Video Docking Guidance System (VDGS) di area apron untuk memaksimalkan operasional dalam hal memudahkan dan memandu secara otomatis pesawat saat masuk ke area parkir pesawat serta memastikan pencatatan data status pesawat yang akan masuk dan keluar dari apron.

Di area Terminal 3 Internasional juga terdapat gedung parkir untuk parkir reguler yang dapat menampung sekitar 1.200 kendaraan pribadi.

Pada tahap awal ini, para pengguna parkir akan dibebaskan biaya parkir selama seminggu sebagai bentuk familiarisasi terhadap gedung parkir Terminal 3 Internasional.

Adapun untuk parkir inap, tersedia 2 area parkir inap yaitu parkir inap timur dan parkir inap barat yang berlokasi di area perkantoran yang berada di tengah kawasan bandara di mana penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraannya dapat melakukan reservasi terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.