Sukses

Menhub Tinjau Layanan Penerbangan Internasional Terminal 3

Angkasa Pura II menargetkan seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pindah ke Terminal 3 pada Agustus 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau aktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng‎, Tangerang, Banten. Mulai Senin (1/5/2017) ini, Terminal 3 Bandara Soetta melayani penerbangan rute internasional.

Budi Karya melakukan peninjauan langsung setelah melakukan perjalanan dinas dari Filipina dan Singapura. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini terbang menggunakan Garuda Indonesia dan mendarat di Terminal 3 Bandara Soetta. 

Setibanya di lokasi sekitar Pukul 19.45 WIB, Budi langsung menyusuri rute keluar dari Terminal 3 penerbangan internasional bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso.

Selain itu, mendampingi Budi adalah Direktur Utama Angkasa PT Pura II (Persero) Muhammad Awaludin dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Pahala Mansury.

Tak ada pengecualian, Budi Karya juga menjalani proses pemeriksaan imigrasi seperti penumpang lain. Setelah itu, Budi pun m‎engecek kesiapan fasilitas keamanan bandara, seperti alat detektor barang bawaan penumpang.

Angkasa Pura II menargetkan seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pindah ke Terminal 3 pada Agustus 2017. Pada tahap awal, baru penerbangan internasional milik Garuda Indonesia yang pindah ke terminal 3 mulai Senin ini (1/5/2017).

Direktur Utama Angkasa Pura II‎ Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan internasional yang dioperasikan Garuda Indonesia resmi pindah ke terminal 3 hari ini. Selanjutnya akan disusul maskapai-maskapai anggota dari Sky Team Group, seperti ANA Airlines, Japan Airlines (JAL), Delta Airlines, KLM Airlines dan lain-lain.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjalani proses pemeriksaan imigrasi usai mendarat di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang.

"Kita ada tiga tahap, pertama Garuda. Kedua Sky Team Group ada 8 maskapai kita harapkan Juni ini moving ke sini," ujar dia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (1/5/2017).

Menurut dia, secara total, pada Agustus 2017, ada 30 maskapai dengan penerbangan internasional yang beroperasi di terminal 3. ‎Terminal ini memiliki kapasitas mencapai 25 juta penumpang per tahun.

"After Lebaran. Karena Lebaran kan traffic tinggi, jadi mungkin awal Agustus kita pindahkan semua‎. (Terminal 3) 25 juta pergerakan penumpang per tahun," kata dia. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.