Sukses

5 Masalah Keuangan yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah

Menurut studi Universitas Virginia, rata-rata pasangan yang baru menikah memiliki kecenderungan 40-50 persen untuk cerai karena uang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sekian lama menjalin hubungan, tentunya sudah terlintas untuk membawa hubungan kalian ke jenjang berikutnya: menikah.

Nah, sebelum disibukkan dengan mengatur resepsi pernikahan nan hemat, atau menentukan mau bulan madu di mana, ada banyak hal yang harus kamu diskusikan. Salah satu yang paling penting, tentunya yang menyangkut keuangan.

Sebagai panduan untukmu, berikut adalah 5 hal keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah seperti dikutip dari Tunaiku.com:

1. Manajemen uang saat masih lajang  

Kamu dan pasangan wajib mengenali pemasukan, pengeluaran, dan pola konsumsi masing-masing. Enggak mau kan tiba-tiba kaget mengetahui berapa gaji si dia atau ternyata ketahuan si dia boros saat sudah berkeluarga?

Menurut studi dari Universitas Virginia, rata-rata pasangan yang baru menikah memiliki kecenderungan 40– 50 persen untuk cerai karena masalah uang.

2. Kebiasaan dan pola konsumsi dari orang tua masing-masing

Perkara menikah bukan hanya antara kamu dan pasangan, tapi keluarga masing-masing terutama orangtua pun pasti akan mempengaruhi bagaimana kalian berdua menyikapi urusan finansial.

Misalnya, kamu yang dibesarkan dalam keluarga berkecukupan mungkin enggak terbiasa apabila harus menjalani hidup yang pas-pasan. Atau, sebaiknya, pasanganmu yang terbiasa hidup irit dan hemat, jadinya susah diajak kompromi untuk membeli sesuatu, alias pelit.

 

Utang


3. Utang yang sedang ditanggung

Memang sih, enggak sampai harus mengecek riwayat BI checking masing-masing. Dari luar, kamu tahu bahwa pasanganmu memiliki karier yang baik dan penghasilan yang lumayan. Tapi, bagaimana dengan tanggungannya?

Makanya, jujur dan transparanlah mengenai apa yang sedang kalian cicil saat ini. Karena, saat sudah satu atap, kamu dan pasangan akan harus menanggung itu  bersama-sama.

 4. Menentukan target finansial

Saat membahas target finansial, bisa jadi kalian memiliki pandangan yang berbeda. Satunya ingin pensiun muda, satunya berambisi mengejar karir hingga setinggi-tingginya.

Sebagai permulaan, cobalah untuk saling berbagi apa sih definisi “kesuksesan finansial” untuk kalian masing-masing? Jika memang berbeda, kalian harus berkompromi untuk menemukan jalan tengah dan menjalaninya dengan komitmen.
 
5. Kesepakatan saat mengatur uang sebagai pasangan

Secara ilmiah, kamu akan lebih mempercayai pasanganmu dan kompak mengatur uang apabila penghasilan kalian berdua digabung.

Hal-hal ini antara lain adalah: membuat akun rekening bersama, mengecek pengeluaran pribadi dan rumah tangga, membuat bujet atau sesederhana menentukan prioritas pengeluaran. 

Nah, itulah dia 5 hal keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah. Apakah kamu sudah pernah membicarakan salah satunya dengan pasanganmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.