Sukses

Ini Dia Trik Atur Uang Menurut Urutan Lahir di Keluarga

Dari anak pertama, tengah, bungsu, maupun tunggal semuanya memiliki kepribadian berbeda-beda, termasuk dalam mengatur keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur keuangan bukanlah perkara yang mudah. Walau begitu, hal ini harus Anda lakukan agar kondisi finansial semakin baik. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan, salah satunya adalah dengan memakai trik atur uang sesuai urutan lahir.

Dalam ilmu psikologi, urutan lahir seseorang dalam keluarga ternyata mempengaruhi kondisi psikologisnya. Dari anak pertama, tengah, bungsu, maupun tunggal semuanya memiliki kepribadian berbeda-beda. Tak jarang, pola keuangan serta solusi yang dilakukan pun bisa disesuaikan karena hal ini.

Melansir mozo.com.au, Rabu (3/5/2017) berikut tips atur uang yang bisa Anda lakukan sesuai urutan lahir:

1. Anak tunggal

Tidak memiliki saudara dalam keluarga membuat anak tunggal memiliki sifat percaya diri yang lebih yang membuatnya lebih bersikap ambisius. Namun dalam masalah keuangan, anak tunggal seringkali lebih boros karena terbiasa mendapat bantuan penuh dari kedua orang tuanya.

Satu hal yang bisa dilakukan bagi anak tunggal adalah dengan membuat rencana keuangan sebelum bertindak. Mereka juga harus memiliki niat kuat agar bisa mengumpulkan uang yang dibutuhkan dengan cara menabung.

2. Anak sulung

Mereka yang lahir sebagai anak pertama dalam keluarga sering memiliki sikap dewasa dan lebih bertanggung jawab. Mereka juga cenderung rajin serta memiliki kebiasaan berbelanja yang memang sesuai dengan kebutuhan. Tak heran apabila banyak anak pertama yang memang lebih berhasil atau stabil dalam masalah karier.

Satu kelemahan yang dimiliki anak sulung adalah mereka cenderung terlalu protektif dalam masalah keuangan. Terlalu memikirkan sesuatu seringkali membuat mereka takut dalam mengambil keputusan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak tengah

3. Anak tengah

Anak tengah cenderung pintar untuk bernegosiasi dan merupakan seorang penengah yang baik. Ia juga sangat ramah dan mudah bergaul atau menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga dengan mudah disukai banyak orang. Namun terkadang, hal ini sering menjadi bumerang bagi dirinya.

Keinginannya untuk selalu menyenangkan orang lain sering membuat mereka ingin mengeluarkan uang lebih banyak. Oleh karena itu, tentunya bagi anak tengah untuk dapat membedakan antara kebutuhan utama dan keinginan sesaat saja.

4. Anak bungsu

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika anak bungsu menjadi anak kesayangan dan dimanja keluarga. Meski tidak selalu, si bungsu biasanya selalu mendapatkan perhatian lebih entah itu dalam keluarga, atau pun dalam hubungan pertemanan.

Hal ini akhirnya membuat anak bungsu memiliki beberapa sifat buruk, seperti boros, kurang suka menabung dan tak terlalu perhitungan. Oleh karena itu sangat disarankan bagi anak bungsu untuk membudayakan gaya hidup hemat dan hati-hati dalam membelanjakan uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.