Sukses

10 Bandara Terindah di Dunia, Mana Saja?

Ini dia bandara terindah di dunia, seperti apa penampakannya?

Liputan6.com, New York - Bandara Juancho E Irausquin di Pulau Saba, Karibia yang juga merupakan landasan komersial terpendek di dunia dengan jalur sepanjang 400 meter menjadi bandara paling indah di dunia.

Hal itu terungkap dalam sebuah survei global yang dilakukan PrivateFly, sebuah platform pemesanan untuk penyewaan jet pribadi. Sebanyak 8.000 responden terlibat dalam voting terhadap 122 bandara di dunia.

Dikutip dari laman CNN, Rabu (3/5/2017), CEO PrivateFly sekaligus pilot berpengalaman Adam Twidell mengatakan, terbang ke Pulau Saba adalah hal yang luar biasa. "Anda mendekati pulau di mana pegunungan menjulang keluar dari laut, untuk melihat landasan pacu yang sangat kecil tampak bertengger di tebing," ujarnya.



Pilot, lanjut Twidell, harus memiliki pelatihan khusus untuk mendarat di Saba dan hanya pesawat turboprop tertentu yang cukup gesit seperti BN-2 Islander atau Grand Caravan yang bisa melakukan pendaratan di sana.

"Saba memiliki catatan keamanan luar biasa yang menjadikannya sebagai salah satu pengalaman penerbangan sipil paling berkesan di dunia ini," tambah Twidell.

Menurut Twidell, Bandara Donegal yang berada di pesisir barat laut di di Irlandia, dengan cepat menjadi favorit wisatawan.  “Ini membuat Bandara Donegal yang berada di urutan ketujuh pada tahun 2016, naik ke posisi dua di tahun ini."

Pendatang baru yang masuk urutan ​10 besar tahun ini termasuk Bandara Gibraltar. Bandara ini merupakan satu-satunya bandara di dunia yang terpotong oleh jalan raya. Jalan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berlalu-lalang.

Pejalan kaki dan mobil perlu berhenti di kedua sisi landasan pacu setiap kali pesawat lepas landas atau mendarat di tempat tersebut.

https://cdn0-a.production.images.static6.com/hHMZenFJxkmqm-iekc-zDPG1LvU=/1280x720/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1582796/original/008996400_1493784961-bandara_terindah_di_dunia.jpg

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar bandara

Berikut adalah daftar 10 bandara terindah yang menawarkan pemandangan indah dari segala penjuru mulai dari lanskap pegunungan hingga gedung pencakar langit yang berkilauan menurut PrivateFly :

1. Bandara Juancho E Yrausquin, Pulau Saba, Karibia.

2. Bandara Donegal, Irlandia.

3. Nice Cote d'Azur, Prancis.

4. Bandara Gibraltar, Inggris.

5. Bandara Queenstown, Selandia Baru.

6.  Bandara London City, Inggris.

7. Bandara St Maarten atau dikenal juga dengan Bandara Internasional Putri Juliana, Karibia.

8. Bandara Orlando Melbourne, Amerika Serikat.

9. Bandara Barra, Skotlandia, Inggris.

​10. ​Bandara Billy Bishop, Toronto, Kanada​.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.