Sukses

Kembangkan Ekonomi Daerah Lewat Pusat Layanan Usaha Terpadu

Pembentukan PLUT dapat bersinergi dengan berbagai macam pelaku usaha maupun jenis usaha yang terhimpun dari KUMKM.

Liputan6.com, Brebes - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengharapkan Brebes, Jawa Tengah memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) untuk mengembangkan ekonomi.

Dari PLUT bisa bersinergi dengan berbagai macam pelaku usaha maupun jenis usaha yang terhimpun dari Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM).

Pembentukan PLUT KUMKM, kata Agus, untuk menjawab kebutuhan akan koordinasi, sinkronisasi dan akselerasi peran pemberdayaan KUMKM.

"Dengan adanya PLUT KUMKM, diharapkan terjadi akselerasi peningkatan produktivitas dan daya saing KUMKM di daerah," ujar dia, usai Forum Koordinasi dan Sosialisasi Program Strategi Bidang Restrukturisasi Usaha, seperti ditulis Rabu (3/5/2017).

Lewat PLUT, koperasi dan UMKM juga bisa merangkul berbagai pihak untuk bersinergi mengoptimalkan sumber daya agar bekerja secara berkelanjutan mewujudkan KUMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.  Kementerian menyediakan konsultan PLUT KUMKM sesuai kompetensi.

Dia menuturkan, Brebes memiliki nama kuat untuk telor asin, batik, Brebes Exit (brexit), dan terletak di jalur pantura yang juga pintu gerbang Jawa Tengah. Selain itu, juga Brebes memiliki jumlah penduduk dan luas wilayah yang sangat potensial.

Sedangkan untuk membentuk PLUT, setiap daerah harus mengetahui tentang keterbatasan permodalan, sumber daya manusia, manajemen, legalitas (IUMK) dan pendampingan serta pemasaran produk KUMKM.

Penguatan kelembagaan KUMKM, Ia menuturkan, kementerian bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) akan memfasilitasi IUMK dengan cepat dan mudah melalui camat yang kedudukannya disetarakan dengan SIUP dan Akta Notaris bagi koperasi secara gratis.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti menyambut baik uluran kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM dengan merangkul KUMKM Brebes. Hal ini sejalan dengan program Pemkab Brebes yang bertekad meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Saat ini, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Brebes mencapai 5,7 persen yang berarti lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi provinsi maupun nasional, " ucap Idza Priyanti.

Ia pun meyakini, dengan kerja keras dan berdirinya PLUT akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Brebes hingga mencapai 6 persen.

Brebes Daerah Potensial

Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno menilai, Kabupaten Brebes sangat potensial untuk maju sebagai pintu gerbang Jawa Tengah.

Terlihat masyarakatnya sangat egaliter dan pekerja keras. Apalagi setelah didukung pembangunan infrastruktur yang bagus sehingga akses Jakarta-Brebes bisa ditempuh dalam hitungan jam.

Teguh juga menyikapi pengaruh jalan tol yang telah merenggut UMKM tidak bisa laris saat sebelum adanya jalan tol.

Untuk itu, Teguh Juwarno telah memanggil PT Waskita Karya sebagai pengelola jalan tol untuk membangun rest area khusus bagi UMKM.

Teguh juga memuji para pelaku usaha yang memiliki kebebasan individual bila dibandingkan dengan Pegawai Negeri yang terbatas karena aturan kerja.

"Pengusaha bisa memiliki kebebasan individu yang bisa meningkatkan daya juang untuk peningkatan perekonomian," ujar Teguh.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.