Sukses

5 Kiat Sukses bagi Para Pekerja Kontrak

Untuk membantu Anda menghadapi masalah ketika bekerja sebagai pekerja kontrak, berikut adalah 5 tips yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda saat ini sedang mencari pekerjaan yang sifatnya sementara atau kontrak di perusahaan? Jika iya, ada kabar baik.

Pekerjaan yang sifatnya sementara ini bisa memberikan sejumlah manfaat, termasuk tugas yang fleksibel atau peluang berharga. Selain itu, karyawan juga bisa mendapat upah yang kompetitif jika tahu kiat-kiatnya.

Namun, jika Anda belum pernah bekerja dengan sistem ini sebelumnya, maka akan sulit untuk mengetahui apa yang diharapkan dengan bekerja sebagai pekerja kontrak atau sementara di perusahaan.

Untuk membantu Anda menghadapi masalah ketika bekerja sebagai karyawan kontrak, berikut lima tips yang bisa dilakukan seperti dilansir laman Future force:

1. Perhatikan tugas yang Anda pilih

Sangat menggoda untuk menerima setiap tugas yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun, bisa menjadi sesuatu yang buruk jika menerima pekerjaan tidak sesuai dengan keinginan hati.

Jadi saat membuat keputusan menerima tugas yang diberikan, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dengan matang. Pertimbangkan faktor seperti jam kerja, jadwal, dan sistem pembayaran.

Jika Anda memiliki pertanyaan sebelum menerima kerjaan, pastikan untuk langsung berbicara dengan perekrut Anda.

2. Lakukan persiapan

Setelah Anda menerima pekerjaan, saatnya untuk bersiap-siap. Pastikan Anda membawa pena dan buku catatan pada hari pertama Anda berada di tempat kerja. Pelajari materi yang diberikan perekrut Anda, seperti tentang perusahaan dan kebijakan ketenagakerjaan.

Selain itu, dapatkan semua rincian yang Anda butuhkan, termasuk alamat, cara berpakaian, nama orang yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda jauh sebelum hari pertama diterima bekerja sehingga Anda tahu apa yang diharapkan oleh mereka.

3. Jadilah profesional

Jika Anda tidak memiliki pakaian yang sesuai untuk tugas tertentu, pastikan Anda memilikinya sebelum hari pertama bekerja. Berpakaian dengan dengan tepat tidak hanya menghadirkan citra terbaik, tapi akan membantu Anda merasa lebih nyaman dalam bekerja.

Pastikan Anda datang tepat waktu, terutama di hari pertama bekerja. Dengan begitu, bila membawa kendaraan pribadi Anda akan memiliki cukup waktu untuk parkir dan masuk ke lokasi sebelum waktu mulai kerja yang sebenarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersikap positif

4. Bersikap positif

Sebagai pekerja kontrak, Anda akan menghadapi banyak situasi yang tidak menentu pada awalnya. Karena itu usahakan untuk selalu memiliki sikap yang positif. Lakukan pendekatan dengan karyawan lainnya setiap hari dengan misi melakukan yang terbaik.

Permudah orang lain untuk bekerja sama dengan Anda. Terbuka untuk menerima umpan balik yang membangun tanpa harus bersikap defensif. Jangan bergosip dengan rekan kerja. Bila Anda menunjukkan sikap yang baik, maka Anda akan mendapat perhatian yang baik pula dari rekan kerja dan manajer di perusahaan.

5. Perhatikan penggunaan ponsel

Jangan pernah menghabiskan waktu kerja dengan ponsel Anda seperti SMS, melakukan telepon pribadi, chatting atau mengecek Facebook. Batasi penggunaan telepon hanya di saat istirahat makan siang atau sebelum dan sesudah bekerja. Jika Anda harus melakukan panggilan pribadi, berbicaralah dengan tenang dan seperlunya saja.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.