Sukses

5 Kebiasaan yang Menjauhkan Anda dari Kekayaan

Mengapa orang yang memiliki penghasilan sama dan masa kerja sama, setelah mereka pensiun ternyata kekayaannya berbeda?

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa orang yang memiliki penghasilan sama dan masa kerja sama, setelah pensiun ternyata akumulasi kekayaan mereka sangat berbeda? Jawabannya tentu saja, bagaimana mereka mengelola pendapatan mereka selama bertahun-tahun kerja itu.

Beberapa mengembangkan kebiasaan yang akan membuat masa pensiun mereka terlampaui. Yang lainnya hidup dengan kebiasaan yang justru sebaliknya.

Jika Anda masih di tahun-tahun kerja Anda, Anda bisa mengubah kebiasaan buruk itu sekarang dan mendapatkan diri Anda di jalan yang benar. Inilah 5 dari mereka seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Orang Terkaya di Babel

Pada tahun 1926, George Clayson menerbitkan sebuah buku dengan judul ini. Itu adalah semacam dongeng, dua pria di Babel kuno, seorang musikus dan satu pembuat kereta adalah orang-orang jenius mutlak dalam kerajinan mereka.

Namun, saat mereka mencapai usia lebih tua, mereka berdua menyadari bahwa mereka miskin dan harus terus bekerja sampai mereka meninggal. Sebaliknya, teman masa kecil mereka yang lain telah mengumpulkan banyak uang, bisa berhenti bekerja dan hidup dalam kekayaan selama sisa hidupnya.

Kedua teman miskin itu pergi dan memintanya untuk mendapatkan rahasianya. Tidak ada rahasia yang dia jawab. Hanya ada beberapa kebiasaan yang ia kembangkan sejak awal dalam kehidupan kerjanya sehingga ia bisa menjadi begitu kaya. Inilah kebiasaan buruk yang harus dikoreksi.

2. Tidak Membayar Diri Sendiri Pertama

Aturan pertama mungkin yang paling penting. Tidak peduli sebesar apa penghasilan Anda, tidak peduli tagihan apa yang mungkin harus Anda bayar, Anda harus di atas segalanya, membayar diri Anda dari atas.

Ini berarti bahwa 10 persen dari gaji rumah tangga Anda masuk ke tabungan. Anda tidak memiliki penarikan otomatis pada masa itu, Anda harus bergantung pada pengendalian diri sendiri. Kini, hal itu lebih mudah dilakukan.

3. Tidak Hidup di Bawah Sarana Anda

Ini adalah rahasia besar yang dimiliki oleh banyak orang kaya. Ada buku berjudul The Millionaire Next Door yang ditulis oleh Thomas Stanley. Dia berbicara kepada fakta bahwa di banyak lingkungan yang sangat moderat di seluruh negeri ini, ada jutawan yang tidak begitu dikenal.

Ini karena setelah kenaikan gaji atau pekerjaan yang membawa kenaikan gaji besar, mereka tidak mengubah gaya hidup. Mereka tinggal di rumah sederhana dengan mobil sederhana mereka. Mereka tidak membeli perahu dan rumah liburan.

Mereka menikmati beberapa perbaikan gaya hidup sederhana, namun berhasil menyelamatkan dan menginvestasikan sebagian besar kenaikan penghasilan mereka.

Warren Buffet masih tinggal di rumah di Omaha Nebraska yang ia beli bertahun-tahun yang lalu. Tampaknya ada beberapa kebutuhan dalam budaya kita untuk "menunjukkan: bahwa kita "membuatnya" dengan pindah ke rumah yang lebih besar dan membeli mobil mahal.

Bila Anda mendapatkan kenaikan gaji atau promosi yang besar, putuskan setengahnya akan diinvestasikan, bersama dengan 10 persen awal yang sudah Anda hemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Hasilkan Uang



4. Tidak Menghasilkan Uang Anda

Menempatkan tabungan ke rekening tabungan biasa. Menempatkannya ke dalam dana investasi memberi Anda pengembalian yang lebih baik dari waktu ke waktu, meskipun pasar saham dan obligasi mungkin mengalami pasang surut.

Setiap potongan uang yang Anda miliki dalam tabungan harus menghasilkan tingkat bunga yang layak. Dan jika Anda menginvestasikan kembali bunga itu, ada efek peracikan.

Reksa dana menyimpan uang Anda tumbuh dan pada saat yang sama, membuat lebih sulit untuk mendapatkan uang itu, jika Anda memiliki masalah pengendalian diri.

5. Tidak Melacak Penghasilan, Biaya, Aset dan Utang Anda

Melacak "kekayaan" Anda melibatkan dua jenis aktivitas mengembangkan anggaran dan memelihara neraca aset dan utang.

Anggaran: jika Anda tidak tahu ke mana uang Anda masuk setiap hari, mingguan, bulanan, Anda tidak akan pernah bisa mengendalikannya. Mulailah dengan melacak setiap pengeluaran selama satu bulan penuh bahkan sarapan burrito makanan cepat saji yang Anda beli sesekali. Setelah selesai, bagilah pembelanjaan Anda ke dalam kategori kebutuhan (hipotek, pembayaran mobil, tagihan listrik, makanan, dll).

Di dekat kebutuhan (pakaian baru, barang rumah tangga baru), dan segala sesuatu (hiburan, perhiasan, pembelian impulsif, dll). Jika Anda hidup sesuai kemampuan Anda (menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda bayar) dan Anda menabung, maka Anda tidak perlu mengubah apa pun sekarang juga.

Jika Anda menghabiskan lebih banyak dari yang Anda bayar, kemungkinan besar Anda memiliki utang kartu kredit yang meningkat "tidak-tidak" besar. Potong kartu kredit itu dan potong biaya yang tidak perlu itu.

Aset/Utang: Anda tidak dapat menghapus utang Anda hari ini. Demikian juga Anda mungkin tidak akan mendapatkan aset baru yang besar hari ini, tapi seiring berjalannya waktu, Anda harus terus melacak apa yang Anda miliki dan apa yang Anda utangi.

Berapa nilai aktual rumah anda sekarang? Investasi dan tabungan Anda? Apa utang kumulatifmu sekarang? KPR Anda, pinjaman mobil Anda, utang kartu kredit Anda? Tujuannya adalah bahwa aset Anda harus menjadi 3 kali utang Anda selama tahun-tahun penghasilan Anda dan 5-6 kali utang Anda saat Anda mendekati masa pensiun. Jika Anda tidak berada di jalur itu sekarang, maka Anda perlu melakukannya.

Utang Buruk: utang macet adalah utang kartu kredit, dan itu juga utang pinjaman mobil. Ini adalah utang "buruk" karena Anda memiliki sedikit hal untuk ditunjukkan kepada mereka saat utang dilunasi.

Menggunakan kartu kredit untuk liburan dan hadiah Natal hanyalah ide yang buruk. Anda mungkin memiliki beberapa kenangan indah dan foto dari semua perjalanan Anda, tapi sebaiknya Anda termotivasi bekerja setelah berlibur, sehingga Anda dapat melunasinya dengan cepat. 

Anda mungkin melihat senyuman di wajah keluarga Anda saat mereka membuka hadiah mereka, tapi "keajaiban" itu memudar dengan cepat, sementara utangnya terus berlanjut selama bertahun-tahun.

Kartu kredit diperuntukkan bagi keadaan darurat, bukan sepasang sepatu baru yang harus Anda miliki. Mobil membawa Anda dari satu tempat ke tempat lain untuk tidak mengesankan tetangga dan saudara Anda.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.