Sukses

Menteri Susi Kampanyekan Bebas Kanker Bersama Nelayan Muara Angke

Menteri Susi mengatakan, kesehatan merupakan modal untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju dan hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menggelar bakti sosial bertema Mewujudkan Hidup Sehat Masyarakat Nelayan di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir pantai akan pentingnya pola hidup sehat untuk mencegah dan melawan kanker.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, kesehatan merupakan modal untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju dan hebat. Sebab, tanpa manusia-manusia yang sehat, mustahil cita-cita tersebut bisa terwujud.

"Tentu kalau mau ingin ‎membangun Indonesia yang hebat harus dimulai dari membangun manusia-manusia yang stamina dan badannya sehat. Ini tentu dari kesehatan yang dijaga, asupan makanan dari manusia dengan makanan yang tinggi vitamin, banyak mineral, banyak protein. Tanpa itu semua, tidak bisa membangun manusia-manusia Indonesia yang sehat yang kuat," ujar dia di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Minggu (7/5/2017).

‎Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, edukasi kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat nelayan, mengingat mereka sudah cukup lama terpinggirkan. Dalam sepuluh tahun terakhir, rumah tangga nelayan turun 50 persen akibat banyaknya orang yang meninggalkan profesi nelayan.

Namun, berkat berbagai usaha yang terus dilakukan, kini nilai tukar nelayan mulai menunjukkan peningkatan diikuti peningkatan kualitas hidup nelayan. Namun demikian, Rifky menyadari, pemerintah tidak hanya harus memperhatikan kebutuhan dasar pangan dan papan, tetapi juga kebutuhan kesehatan nelayan.

Dia mengungkapkan, selama ini kanker telah menjadi penyakit yang mengancam jiwa nelayan. Dia mencontohkan, pertemuan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti dengan Yuliana (12), penderita kanker mata dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi, dan Dudung (24), nelayan penderita kanker tulang saat kunjungan kerjanya ke Wakatobi.

“Kemarin saat Menteri Susi berkunjung ke Wakatobi, sebagai daerah wisata, ternyata di sudut-sudutnya banyak masyarakat tertinggal. Bu Susi menemukan Dudung, nelayan yang terkena kanker tulang. Kemudian Dudung dibawa ke Jakarta untuk dilakukan operasi. Itu salah satu contoh (nelayan terkena kanker). Selain itu, tahun lalu ada pula anak nelayan yang terkena kanker mata, tapi sayang tidak tertolong. Dengan potret demikian, saya sangat berterima kasih kepada YKI yang mengadakan kegiatan di Muara Angke,” cerita Rifky.

Kanker merupakan penyakit dengan prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia, yaitu 1,4 per 1.000 penduduk atau sekitar 347.000 orang (Risdeskas). Kematian akibat kanker di Indonesia menduduki peringkat ketujuh, dengan prosentase 5,7 persen dari seluruh penyebab kematian (Riskesdes).

Kanker juga merupakan penyebab kematian ketiga penyakit tidak menular, setelah stroke dan penyakit jantung di Indonesia, dengan prosentase 7,7 persen.

Sementara itu, ‎Ketua Pelaksana Kegiatan Sally Sudjrajat mengungkapkan, kegiatan ini menyasar kelompok masyarakat yang mudah diakses, salah satunya yaitu nelayan. KKP dipilih sebagai partner kerja sama karena memahami ranah dan domain nelayan. Selain itu, kepedulian Menteri Susi dengan penanganan penyakit kanker dua keluarga nelayan juga telah diamati YKI.

“Karena kedua kasus itu (kasus Yuliana dan Dudung), maka muncul keinginan untuk menargetkan nelayan. Kita menargetkan mengundang 1.000 nelayan. Hal ini supaya pemeriksaan bisa merata,” jelas Sally.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini meliputi senam pagi, pemeriksaan deteksi dini di tempat untuk kanker serviks bagi wanita, kanker paru-paru bagi pria, serta kanker nasofaring dan retinoblastoma bagi anak-anak. Masyarakat nelayan yang tidak berkesempatan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker tersebut akan diberi voucher pemeriksaan gratis di klinik terdekat. Selain itu, acara juga akan dimeriahkan dengan demo memasak dan lomba mendekor kapal nelayan. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.