Sukses

Jelang Mudik Lebaran 2017, Kemenhub Gencar Periksa Pesawat

Keselamatan dan keamanan menjadi faktor utama dalam bidang transportasi, terlebih lagi di transportasi udara.

Liputan6.com, Jakarta Arus mudik dan arus balik Lebaran selalu menjadi perhatian bagi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator dalam bidang transportasi. Di transportasi udara, beragam upaya persiapan dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengungkapkan, keselamatan dan keamanan menjadi faktor utama dalam bidang transportasi, terlebih lagi di transportasi udara.

"Jadi mudik kami mengutamakan keamanan. Kalau sampai di rumah tapi tidak aman berarti tidak akan sampai kampung halaman. Kami akan utamakan keselamatan, bagi pemudik diberikan jaminan," ujar dia di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (7/5/2017).

Di transportasi udara, lanjut Agus, Kemenhub bersama penyelenggara jasa transportasi udara seperti maskapai, pengelola bandara dan lain-lain juga telah berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan dan keselamatan, terlebih saat mudik Lebaran nanti.

"Kementerian Perhubungan berkomitmen memastikan keselamatan mudik melalui pemeriksaan sarana. Kami telah melakukan rampcheck, airport kita periksa, airlines kita periksa untuk berikan jaminan peningkatan keselamatan bagi keluarga yang mudik," kata dia.

‎Sebagai contoh, pada Sabtu kemarin dirinya melakukan rampcheck di Bandara Adi Soemarmo Solo. Rampcheck dilakukan untuk memastikan pesawat-pesawat yang dipakai maskapai penerbangan yang disiapkan untuk melayani penumpang Angkutan Lebaran 2017 dalam keadaan laik terbang dan memenuhi standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Rampcheck dilakukan terhadap 11 pesawat, antara lain Garuda Indonesia 2 pesawat, Lion Air 5 pesawat, Citilink 2 pesawat, NAM Air 1 pesawat dan Air Asia Malaysia 1 pesawat. Hal ini akan terus dilakukan guna menjamin keselamatan dan keamanan penumpang pesawat.

"Stakeholder transportasi itu masyarakat. Sehingga masyarakat akan dapat diberikan layanan yang maksimal sehingga pergi atau berkunjung rekan masyarakat kota diharapkan berjalan lancar, aman, dan nyaman," tandas dia. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.