Sukses

Tips Mengatur Keuangan agar Bisa Kredit Mobil di Usia Muda

Di usia muda sekitar 20-an, Anda dapat mewujudkan impian memiliki barang-barang impian, salah satunya mobil pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Masih di usia yang cukup muda bukan berarti tidak mengharuskan Anda mengelola keuangan yang tepat. Cermat dalam mengelola keuangan dapat membuat kehidupan masa depan menjadi lebih cerah.

Bahkan di usia yang masih 20-an, Anda sudah bisa mewujudkan impian untuk memiliki barang-barang impian, misalnya saja mobil pribadi. Siapa yang tidak menginginkan untuk membeli mobil pribadi? Tentunya anda bisa mencapai semua ini meskipun masih berusia sangat muda.

Lalu bagaimana mengelola keuangan agar bisa mendapatkan kredit mobil walaupun usia masih sangat muda? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (11/5/2017):

1. Memahami kondisi keuangan dengan baik

Membeli mobil bukanlah hal yang dapat mudah dilakukan karena harga mobil terbilang cukup mahal. Untuk itu Anda perlu memastikan kondisi dari keuangan yang dimiliki apakah sudah cukup atau tidak untuk mendapatkan mobil idaman.

Bila masih berencana untuk mengumpulkan tabungan, tentunya Anda harus memikirkan dengan matang jumlah tabungan yang perlu dikumpulkan.

Untuk memulai menabung, Anda bisa memulainya dengan mengaudit keuangan diri sendiri. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuat neraca pendapatan dan pengeluaran. Buatlah analisis catatan keuangan untuk menentukan berapa bagian pemasukan yang ditujukan untuk disimpan.

Jika kondisi keuangan belum cukup mampu untuk mendapatkan kredit mobil, anda perlu mencari cara gara pemasukan bisa meningkat.

2. Menentukan jenis mobil

Setelah mengetahui kondisi keuangan Anda, sebaiknya tentukan jenis mobil yang dipilih. Sesuaikan mobil yang dipilih dengan keuangan yang dimiliki saat ini. Buatlah target mobil yang dimiliki serealistis mungkin.

Jika pemasukan yang ada pas-pasan, Anda bisa memilih jenis mobil LCGC (Low Cast Green Car) sebagai pilihan. Saat ini banyak sekali merek kendaraan yang mengeluarkan jenis mobil LCGC dengan kisaran harga Rp 80 juta hingga Rp 130 juta.

Rajin Menabung

3. Melakukan survei harga

Sebelum melakukan kredit mobil, akan lebih jika melakukan survei harga terlebih dahulu. Biasanya harga mobil antara showroom satu dengan yang lainnya memiliki harga yang berbeda. Sehingga akan lebih baik jika melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang terbaik.

4. Rajin menabung

Meskipun penghasilan Anda tinggi, namun bukan berarti Anda tidak menyimpan penghasilan itu. Dengan menabung, Anda bisa mengumpulkan penghasilan setiap bulan.

Meskipun membeli mobil secara kredit, namun tentunya anda membutuhkan DP mobil sebagai pembayaran awal. Biasanya DP mobil tersebut 30 persen dari harga mobil. Untuk membayar DP tersebut tentunya Anda harus menabung terlebih dahulu.

Untuk mempercepat waktu memiliki mobil idaman, alangkah baiknya jika Anda menabung dari dini. Anda bisa menyisihkan 5-10 persen dari pemasukan untuk ditabung sebagai DP mobil. Yang perlu ditekankan di sini adalah uang yang ditabungkan bukanlah sisa gaji, melainkan memang menyisihkan beberapa bagian dari pemasukan untuk ditabungkan.

Punya Catatan Kredit yang Bagus

5. Tinggalkan hidup boros dan mulai berhemat

Jika ingin memiliki kendaraan pribadi di usia yang masih sangat muda, jalan satu-satunya untuk mewujudkan impian tersebut adalah dengan meninggalkan gaya hidup boros dan mulai untuk berhemat.

Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Mulai berhemat apalagi jika memiliki rencana untuk kredit mobil di usia yang masih sangat muda. Dengan menghemat, Anda bisa mengalokasikan uang tersebut untuk ditabung guna memenuhi DP mobil ataupun tagihan kredit mobil.

6. Memiliki catatan kredit yang bagus

Meskipun di usia yang masih sangat muda, usahakan Anda memiliki track record kredit yang baik. Hal ini dapat dijadikan latihan sebelum benar-benar melakukan kredit mobil. Anda dapat memulai nya dengan selalu tepat membayar tagihan-tagihan bulanan.

Dengan membiasakan kebiasaan baik tersebut dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk tepat waktu melunasi tagihan-tagihan kredit mobil ke depannya.

Pengelolaan Keuangan Harus Tepat dan Bijak

Kunci sukses untuk mendapatkan mobil idaman di usia yang masih sangat muda adalah dengan pengelolaan keuangan yang bijak dan tepat. Anda harus membiasakan diri untuk berhemat dan meninggalkan gaya hidup boros.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.