Sukses

Berkat Brexit, Harta Orang Kaya Inggris Bertambah

Para orang kaya dan miliarder Inggris dinilai cenderung tenang menghadapi Britain Exit atau Brexit.

Liputan6.com, London - Di tengah kekhawatiran proses Inggris keluar dari Uni Eropa atau Britain Exit (Brexit), jumlah orang kaya atau miliarder di Inggris bertambah banyak.

Hal itu berdasarkan daftar orang kaya Sunday Times. Pada tahun ini ditemukan, total kekayaan dari 1.000 individu dan keluarga mencapai 658 miliar pound sterling atau sekitar Rp 11.351 triliun (asumsi kurs Rp 17.251 per pound sterling). Angka itu naik 14 persen dari tahun lalu sekitar 575 miliar pound sterling.

Sri dan Gopi Hinduja termasuk salah satu orang terkaya di Inggris dengan total kekayaan mencapai 16,2 miliar pound sterling. Kedua bersaudara ini masuk daftar 134 miliarder. Jumlah miliarder itu lebih banyak 14 orang dari tahun lalu.

Selain itu, jutawan di Inggris meningkat dan berjuang untuk mencapai kekayaan mencapai 110 juta pound sterling sehingga mencapai 1.000 orang kaya. Bila melihat periode 1997, dibutuhkan kekayaan hanya 15 juta pound sterling untuk masuk orang kaya atau miliarder.

Pertama kali masuk daftar orang kaya pada 2014, Hinduja bersaudara yaitu Srichand (81) dan Gopichand (77) mengembangkan bisnis di bawah grup Hinduja.

Bisnis mereka bergerak di usaha minyak dan gas, otomotif, informasi teknologi, energi, media, bank, properti, dan sektor perawatan kesehatan. Proyek terakhir mereka, yaitu konversi The Old War Office di London menjadi hotel bintang lima yang mewah dan 88 apartemen mewah.

Robert Watts, salah satu pengumpul daftar orang kaya tersebut menuturkan, banyak orang khawatir terhadap referendum Uni Eropa, namun orang kaya Inggris tetap tenang, dan menambah kekayaan.

"Kami melihat ada sesuatu mengerikan jelang referendum Uni Eropa tapi itu sama sekali tidak terwujud. Pasar saham telah mendorong kekayaan orang kaya dan sejak Juni tahun lalu saham melonjak. Kami juga melihat semakin banyak keragaman dalam komposisi daftar orang kaya," jelas Watts, seperti dikutip dari laman Independent.co.uk, Selasa (9/5/2017).

Ia menuturkan, daftar orang kaya di Inggris lebih beragam ditunjukkan dari lebih banyak wanita, latar belakang etnis, dan lapisan masyarakat.

Misalnya, pengusaha Ukraina Len Blavatnik yang kekayaannya termasuk grup Warner Music menempati posisi kedua untuk daftar orang terkaya dengan kekayaan 15,98 miliar pound sterling.

Saudara kandung David (78) dan Simon Reuben (76) masing-masing menduduki daftar orang terkaya dan berada di posisi ketiga pada 2017. Kekayaannya mereka naik sekitar 900 juta pound sterling dalam 12 bulan.

Pasangan tersebut memiliki kekayaan 14 miliar pound sterling dengan fokus bisnisnya di sektor properti termasuk Connaught House, London Oxford dan arena racing.

Adapun Lakshmi Mittal dan keluarga mencatatkan kenaikan kekayaan 6 miliar pound sterling dalam 12 bulan terakhir. Total kekayaan mencapai 13,22 miliar pound sterling. Mittal dan keluarga berada di posisi keempat daftar orang kaya. Mittal (66) yang usahanya produksi baja terbesar di dunia telah merasakan manfaat dari kebangkitan industri tersebut.

Kemudian posisi lima dipegang oleh Alisher Usmanov (63) dengan total kekayaan 11,79 miliar pound sterling. Usmanov memiliki 30 persen saham di klub sepak bola Arsenal. Kekayaan Usmanov juga berasal dari tambah bijih besi dan baja. Selain itu ia memiliki aset di saham Spotify dan Airbnb.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Brexit adalah akronim dari British Exit, kampanye mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa
    Brexit adalah akronim dari British Exit, kampanye mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa

    Brexit

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang Kaya