Sukses

Ini Alasan HSBC Gabung dengan Bank Ekonomi

HSBC berintegrasi dengan Bank Ekonomi sejak 17 April 2017

Liputan6.com, Jakarta HSBC yang merupakan bank internasional berhasil mengintegrasikan cabang bank asing dengan anak usahanya di Indonesia PT Bank Ekonomi Raharja menjadi sebuah bank lokal yang dinamakan PT Bank HSBC Indonesia.

Presiden Direktur Bank HSBC Indonesia Sumit Dutta mengungkapkan bentuk kesuksesan integrasi antara bank asing dengan anak usahanya yang ada di dalam negeri ini menjadi bentuk komitmennya untuk meningkatkan pasarnya di Indonesia.

"Indonesia itu memiliki penduduk yang besar sekali, 250 juta jiwa, negara yang besar, memiliki banyak generasi muda. Alasan kita berintegrasi karena ini menjadi pasar yang menjanjikan bagi kita," kata Sumit di Gedung WTC, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Dengan adanya integrasi ini, maka potensi pasar yang bisa digarap oleh Bank HSBC Indonesia menjadi lebih luas. Setelah sebelumnya ketika sebagai cabang bank asing hanya ada di beberapa kota besar, setelah terintegrasi menjadi memiliki cabang di 29 kota dengan 99 cabang.

Integrasi ini resmi pada 17 April 2017‎. Per tanggal itu, maka aset perusahaan sudah dikonsolidasikan dan HSBC sebagai induk perusahaan telah menyuntikkan modal tambahan sebesar US$ 1 miliar. Dengan itu maka Bank HSBC Indonesia kini memiliki kategori Bank BUKU 3.

Adapun banyak bisnis yang menjadi fokus perusahaan, terutama dalam penyediaan fasilitas pembiayaan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia yang ingin berekspansi ke pasar global.

Direktur Commercial Banking‎ Bank HSBC Indonesia Catherine Hadiman menambahkan meski baru lahir, Bank HSBC Indonesia menawarkan jaringan yang luas yang sudah ada di luar negeri.

"‎Kekuatan utama kita adalah trade finance transaksi, makanya kita dorong ekpor impor yang banyak, di mana nantinya juga akan memberikan manfaat bagi Indonesia," tegasnya.

Meski sudah resmi terintegrasi dan berubah menjadi perusahaan di Indonesia, namun‎ beberapa konsolidasi masih perlu dilakukan.

"Makanya kita tidak akan memasang target muluk-muluk untuk pertumbuhan kredit kita, ita tahun ini akan fokus penyelesaian konsolidasi dulu, baru kita akan growth tahun depan," tambah Head of Global Markets Bank HSBC Indonesia Ali Setiawan.

‎Kini, Bank HSBC Indonesia memiliki 5.000 karyawan yang tersebar di 29 kota dan 99 kantor cabang di seluruh Indonesia. Bank HSBC Indonesia adalah sebuah bank internasional dengan cakupan geografis domestik terluas dan sebuah bank lokal dengan jaringan global terbesar. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.