Sukses

Punya Kemampuan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Karier

Miliarder Warren Buffett tak hanya piawai menempatkan investasi untuk mendulang untung namun juga punya kemampuan lainnya. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Investor dan miliarder Warren Buffett tak hanya piawai menempatkan investasi untuk mendulang keuntungan. Ia juga memiliki kemampuan lain untuk mendukung kariernya.

Saat Warren Buffett berpidato di depan mahasiswa jurusan bisnis, ia menuturkan kalau memiliki kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang besar untuk dimiliki. Dengan menguasai public speaking dapat mendorong karier Anda.

Tak hanya bagi para professional, bagi pemilik bisnis kecil, dengan punya kemampuan berbicara juga dapat menguntungkan. Kemampuan ini dapat membantu berkomunikasi dengan pelanggan, partner, dan calon investor. Demikian seperti dikutip dari laman Inc.com, seperti ditulis Rabu (10/5/2017).

Bila Anda memiliki ketakutan public speaking atau berbicara di depan banyak orang itu wajar. Buffett juga pernah memiliki ketakutan itu. Saat ia masih muda, dirinya pun mengambil kursus public speaking Dale Carnegie untuk mengatasi ketakutannya. Pertama kali mengikuti kursus itu pun ia gagal lantaran takut untuk berbicara.

Kemudian Warren Buffett mencoba kembali kedua kalinya untuk mengikuti kursus tersebut. Kini dia bisa bangga lantaran memiliki sertifikat Dale Carnegie di kantornya.

Menurut curator TED Chris Anderson, public speaking memang sangat perlu. Dalam bukunya, Anderson menulis, Anda sebagai pemimpin dan advokat membutuhkan kemampuan tersebut untuk menunjukkan empati, ketertarikan, membagikan pengetahuan dan wawasan. Selain itu juga membagikan mimpi Anda.

Saat melakukan public speaking, Anda juga memiliki tujuan misalkan untuk menciptakan empati, membangun kepercayaan antara Anda dan pendengar. Untuk Anda lebih menguasai kemampuan tersebut, Anda bisa berlatih dan mengikuti kursus.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.