Sukses

Transjakarta Uji Coba Rute Ciledug-Tendean Hari Ini

Rute Transjakarta Ciledug-Tendean melalui jalur layang khusus yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Transjakarta‎ melakukan uji coba pengoperasian rute baru, yaitu Koridor 13 Ciledug-Tendean mulai Jumat (12/5/2017). Rute ini akan dilalui melalui jalur layang khusus yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengungkapkan meski baru pelaksanaan uji coba, namun bus yang dioperasikan tetap akan mengangkut penumpang.

"Jadi pelaksanaan uji coba ini akan dilakukan selama 10 hari sebelum nanti diresmikan pada 12 Juni 2017," kata Budi.

Pelaksanaan uji coba ini tidak terlepas dari ada kesepakatan rekayasa lalu lintas yang dilakukan antara Pemerintah Kota Tangerang, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan manajemen Transjakarta.

Oleh karena itu, pemerintah kota Tangerang bersama Transjakarta, dan pengembang Puri Beta telah menyelesaikan persiapan marka jalan maupun rambu yang menjadi penunjuk arah.

Transjakarta memproyeksikan pelanggan koridor 13 yang memiliki panjang 9,3 km bisa lebih dari 40 ribu setiap harinya. Perusahaan transportasi milik pemerintah provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan 100 unit bus.

"Transjakarta juga akan berinvestasi pada sistem gate untuk tap in tap out pelanggan," tambahnya.

Budi menyampaikan, usai rute ini resmi dioperasikan, pihaknya juga telah sepakat dengan pemerintah kota Tangerang untuk melakukan penjajakan rute-rute lain hingga ke perbatasan.

Seperti diketahui, jalur layang Ciledug-Tendean ini telah 100 persen rampung. Proyek yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sendiri memakan biaya sebesar Rp 2,3 triliun. Jalur busway melayang sepanjang 9,3 kilometer ini merupakan yang terpanjang di Jakarta.

Jalan layang non tol yang khusus untuk Transjakarta ini terbagi dua arah dengan ketinggian bervariasi, antara 18 hingga 23 meter, sesuai dengan letak dan tata ruang kondisi ruas jalan di bawahnya. Jalan layang akan dilengkapi dengan 12 halte Transjakarta.

Masing-masing paket akan dilengkapi satu-dua halte yang dikerjakan oleh para kontraktor. Adapun kontraktor paket Tendean akan mengerjakan halte Trans TV, kontraktor paket Santa akan mengerjakan halte Rawa Barat, kontraktor paket Taman Puring akan mengerjakan halte Stasiun MRT, dan kontraktor paket Trunojoyo akan mengerjakan halte Tirtayasa.

Sementara untuk pengerjaan dua halte ada di paket Kebayoran Lama (halte Kebayoran Baru dan Taman Puring), paket Seskoal (halte Seskoal dan Carrefour), paket Kostrad (halte Swadarma dan Cipulir), dan paket Adam Malik (halte Kampus Budi Luhur dan JORR W2)‎. (Yas)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.