Sukses

5 Trik Bertahan Lama di Tempat Kerja untuk Millennial

Bertahan di tempat bekerja saat ini memang terbilang tidak mudah, terlebih jika peluang di luaran lebih menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Bertahan di tempat bekerja saat ini memang terbilang tidak mudah, terlebih jika peluang di luaran lebih menarik.

Hal lain yang membuat sebagian millennial tak betah bekerja lama-lama di satu kantor disebabkan oleh beberapa faktor, seperti konflik dengan rekan kerja, beban pekerjaan terlalu banyak, hingga hubungan dengan atasan yang kurang baik.

Lalu bagaimana caranya agar tetap bertahan lama di tempat kerja saat ini? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Menyampaikan pendapat

Hampir rata-rata pekerja tak mampu menyampaikan pendapatnya. Padahal, pendapat bisa menjadi nilai plus, karena siapa tahu pendapat kita dibutuhkan untuk perkembangan perusahaan.

Tetapi, tak jarang juga yang salah cara dalam menyampaikan pendapatnya. Untuk itu, agar tak salah berbicara, Anda bisa menggunakan catatan kecil agar pernyataan yang sudah diucapkan bisa disampaikan secara berurutan tanpa takut salah lagi.

2. Konflik diselesaikan sampai tuntas

Terjadinya konflik dalam dunia kerja sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Biasanya konflik terjadi disebabkan karena miss communication.

Saat konflik terjadi, sebagai orang yang bertujuan membawa perubahan baik, sebaiknya mengadakan rapat bersama dan didiskusikan kembali pangkal masalahnya. Karena jika terus mempermasalahkan siapa, konflik akan terus menjadi konflik.

3. Memberi dan menerima kritik serta saran

Berhati-hatilah dalam memberikan kritik maupun saran! Mengapa demikian? Saat seseorang dalam keadaan emosi, Anda tak perlu memberikan kritik, karena itu hanya akan membuat lawan bicara Anda marah.

Kritik dan saran bisa Anda berikan di waktu yang tepat, misalnya saat Anda dan orang tersebut terlibat pertemuan berdua, bukan saat meeting yang pendengarnya lebih dari satu. Anda juga bisa menambahkan sedikit pujian yang tujuannya untuk menyemangati rekan Anda saat sedang merasa down.

Lebih tenang



4. Lebih tenang dalam menanggapi sesuatu

Pernah merasa panik ketika sesuatu berjalan tak sesuai rencana? Mungkin hal ini perlu Anda perbaiki mulai sekarang. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan langkah kecil seperti latihan nafas, perbanyak minum air putih, atau mendengarkan musik dengan alunan lembut.

5. Menjadi sosok pendengar yang baik

Selain kemampuan merespon, kemampuan mendengarkan yang baik juga diperlukan agar Anda bisa bertahan di tempat kerja saat ini.

Orang akan sangat mengapresiasi dan merasa membutuhkan Anda karena baginya Anda adalah orang yang tepat untuk mendengarkan keluh kesahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini