Sukses

Tarik Investor, RI Tawarkan Kawasan Industri Medan di KTT OBOR

Golden Integrated Industrial Port Estate (GIIPE) merupakan kawasan industri yang dikembangkan oleh swasta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Belt One Road (OBOR) atau KTT OBOR yang dilaksanakan di Beijing, China. Di acara itu, Jokowi juga akan membawa beberapa menteri dan pengusaha.

Dengan mengajak pengusaha ini, diharapkan akan ada pertemuan person to person, yang akhirnya akan bisa menarik dana dari China untuk berinvestasi di Indonesia.

Salah satu proyek yang akan ditawarkan dalam kunjungan Jokowi ke China tersebut adalah pengembangan kawasan industri milik swasta di Medan, yaitu Golden Integrated Industrial Port Estate (GIIPE) yang berlokasi di Percut Sei Tuan, Medan, Sumatera Utara.

"‎Dengan senang hati kami akan membantu dalam mencarikan investor untuk mengembangkan beberapa proyek strategis di Indonesia, termasuk GIIPE," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok (China), Soegeng Rahardjo‎, Sabtu (13/5/2017).

Seperti diketahui, ‎GIIPE ini menjadi kawasan industri yang dikembangkan oleh swasta, yaitu Best & Grow Investmen‎t, yang letaknya 16 Kilometer (km) dari pusat Kota Medan, 3,5 km dari Bandara Internasional Kuala Namu, 9,5 km dari Pelabuhan Belawan, serta didukung infrastruktur jalan yang sudah layak.

GIIPE menempati lahan seluas 2.000 Ha dan masih akan melakukan ekspansi lahan seluas 1.000 Ha. Proyek GIIPE terbagi dalam Power Plant seluas 200 Ha, Sea Port seluas 200 Ha, Industrial Estate seluas 1.000 Ha, Residential seluas 200 Ha, Cruise Port, Golf & Palm Resort seluas 100 Ha, Central Business District seluas 300 Ha, dengan nilai total investasi lebih dari Rp 100 triliun.

"Kami juga akan mengadakan pertemuan dengan berbagai investor asal China untuk memberikan gambaran peluang investasi yang menjanjikan di GIIPE," tambah ‎Komisaris Best & Grow Investmen, Ishak Charlie.

Pertemuan akan dilangsungkan pada 13 Mei 2017. Rencananya Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia juga akan ikut hadir.‎

KTT One Belt One Road atau KTT OBOR merupakan konferensi Infrastruktur yang diikuti oleh 29 negara. Banyak investor yang akan hadir dan mencari peluang bisnis dari berbagai negara yang ikut serta dalam KTT tersebut.

Dalam KTT tersebut, Presiden Jokowi direncanakan hadir dan memaparkan sejumlah proyek infrastruktur nasional yang sedang dan akan dikerjakan di Indonesia, termasuk berbagai peluang investasi menarik yang ada di Indonesia. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • KTT OBOR