Sukses

Temukan Harta Karun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 34 Miliar

Harta karun yang ditemukan pria ini diperkirakan berasal dari abad ke-10.

Liputan6.com, Jakarta - Pria asal Inggris mampu mendapat keberuntungan berlimpah setelah menemukan harta karun kuno bekas peninggalan viking. Pria bernama Derek McLennan ini dihadiahi uang 2 juta pound sterling atau setara Rp 34 miliar dari hasil temuannya tersebut.

Melansir Theguardian.com, Rabu (17/5/2017), harta karun yang mampu ditemukan Derek diperkirakan berasal dari abad ke-10. Beberapa barang yang ditemukannya adalah gelang, pin perak, cincin emas, salib dan pin emas berbentuk burung.

Setelah menemukan harta karun tersebut, ia langsung menyerahkannya pada badan pemerintahan the Queen’s and Lord Treasurer’s Remembrancer (QLTR).

Pria asal Skotlandia ini mengandalkan alat pendeteksi logam untuk memburu harta karun. Harta karun Viking pertama kali didapat saat menemukan tanda-tanda metal di daerah Dumfries dan Galloway. Setelah melakukan penggalian, Scot menemukan 100 item harta peninggalan viking.

Harta karun hasil temuan Derek kini dipajang di National Museums Scotland (NMS). Pihak museum mengatakan, penemuan barang-barang peninggalan viking tersebut menjadi satu momen penting dalam arkeologi Inggris.

Ini bukanlah kali pertama Derek menemukan harta karun. Pada Natal tahun 2013, dia bergabung dalam sebuah kelompok yang telah menemukan 300 koin perak abad pertengahan.

Sebelumnya pada 2014, warga Skotlandia juga pernah menemukan harta karun peninggalan Viking. Warga dikejutkan oleh sebuah bangkai kapal di sebuah ladang di Galloway, Skotlandia.

Temuan itu merupakan harta karun terbesar yang pernah ditemukan di Inggris. Termasuk, di antaranya adalah guci terbuat dari tembaga yang berisi beberapa barang bernilai.

Di dalamnya terdapat bros perak dari Irlandia, sutra dari Byzantium, dan juga emas serta kristal. Benda-benda itu diperkirakan berasal dari Abad ke-9 atau 10 M. Ada sekitar 100 benda ditemukan di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.