Sukses

Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka, Cek Jadwal Keberangkatan

Tak hanya memfasilitasi perjalanan mudik, Kemenhub juga memberikan sarana mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan peserta mudik gratis pada Lebaran 2017 mencapai 200 ribu orang dan 44 ribu kendaraan. Mudik gratis ini untuk mengurangi kemacetan di jalan raya sekaligus menekan angka kecelakaan.

‎Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, menjelaskan, pada mudik gratis 2017 ini, porsi paling banyak akan dilayani oleh bus untuk penumpang. Untuk kendaraan atau motor dari peserta yang menggunakan bus tersebut, Kemenhub menyiapkan truk, kereta api, dan kapal laut.

"Untuk kota tujuannya, yang mudik gratis menggunakan angkutan bus dan truk, kini ada 29 kota. Jumlah rute ini bertambah j‎ika dibandingkan tahun lalu," kata Pudji di gedung Kemenhub, Kamis (18/5/2017).

Adapun rute tujuan mudik bus dan truk untuk tahun ini adalah Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, dan Blora.

Selain itu, masih ada rute ke Magelang, Yogyakarta, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Sragen, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, dan Temanggung.

Pudji menambahkan, keberangkatan mudik gratis ini akan dilakukan pada tanggal yang berbeda-beda‎, untuk truk yang mengangkut motor akan diberangkatkan pada 21 Juni 2017, dengan masa loading pada 19-20 Juni 2017.

Untuk mudik gratis, penumpang yang menggunakan bus akan diberangkatkan pada 22 Juni 2017. "Semua bus akan kita berangkatkan dari ‎Taman Mini Indonesia Indah (TMII) nanti dengan 976 bus," tegas Pudji.

Tak hanya memfasilitasi untuk perjalanan mudik, Kemenhub juga memberikan fasilitas mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta. Hanya saja kota keberangkatan arus balik ini tidak sebanyak saat arus mudik.

Tercatat untuk arus balik, hanya ada delapan kota keberangkatan, yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Kudus, Cirebon, Semarang, Solo dan Yogyakarta. Semua arus balik ini akan dilayani dengan menggunakan 244 bus, dan kendaraan bermotor akan menggunakan 23 truk.

Masyarakat yang tertarik, dapat mendaftarkan diri ikut mudik gratis mulai hari ini melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id atau bisa mengunjungi lokasi pendaftaran offline.

Lokasi pendaftaran offline ada di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Depok, Tangerang Kota dan Tangerang.‎ (Yas/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.