Sukses

OPEC Lanjutkan Pemangkasan Produksi, Harga Minyak Naik

Harga minyak naik pada penutupan perdagangan hari Kamis kemarin jelang pertemuan negara OPEC pada pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada penutupan perdagangan hari Kamis kemarin jelang pertemuan negara OPEC pada pekan depan.

Negara-negara pengekspor di OPEC akan membahawa pemangkasan produksi untuk mengurangi pasokan global. Ini adalah program lanjutan karena sebelumnya OPEC dan non OPEC seperti Rusia sepakat untuk mengurangi produksi.

Harga minyak mentah acuan dunia Brent naik 30 sen per barel untuk menetap di level US$ 52,51 per barel seperti dilansir dari Reuters, Jumat (19/5/2017).

Sementara harga minyak mentah acuan Amerika Serikat naik 23 sen ke level US$ 49,3 per barel.

Pemerhati pasar lebih percaya diri bahwa OPEC dan produsen lain seperti Rusia akan melanjutkan pemangkasan produksi hampir 1,8 juta barel per hari sampai akhir Maret 2018.

"Produsen minyak terbesar Rusia Rosneft akan melakukan kesepakatan dengan OPEC dalam hal pemangkasan produksi ini," ujar Igor Sechin, Chief Executive Rosneft dilansir dari Reuters, Jumat (19/5/2017).

Harga kedua minyak acuan ini naik juga pada Rabu setelah berita menyebutkan bahwa ada penurunan pasokan dan cadangan di minyak Amerika Serikat. Departemen Informasi dan Energi AS mengatakan bahwa cadangan mereka turun 1,8 juta barel dalam sepekan hingga 12 Mei dan berakhir di level 520,8 juta barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.