Sukses

6 Ritual yang Jadi Kebiasaan Pengusaha Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Begitu banyaknya orang berpindah haluan saat ini, untuk menjadi pebisnis saja dari pada pekerja kantoran, yang hanya menghabiskan waktunya di kantor dalam waktu yang lama.

Menjadi seorang pengusaha memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan begitu saja. Setiap orang bisa menjadi pengusaha, tapi tidak semua orang bisa menjadi pengusaha sukses.

Untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses, ada banyak halangan dan rintangan yang mesti dihadapi. Seorang pengusaha harus terus berjuang, agar bisnisnya berhasil mencapai target di setiap bulannya.

Sekalipun dalam perjalanan bisnisnya menemui masalah, maka seorang pengusaha akan selalu bisa menghadapinya dengan efektif dan efisien. Sejak saat ini, seorang pengusaha harus punya beberapa ritual khusus untuk menjadi pengusaha sukses.

Lantas, apa saja ritual yang harus menjadi kebiasaan agar seorang pengusaha menjadi pengusaha sukses, berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Memulai Aktivitas di Pagi Hari

Beberapa pengusaha sukses, rupanya memiliki kebiasaan untuk memulai aktivitas di pagi hari. Contohnya seperti yang dilakukan oleh sang miliarder pemilik maskapai Virgin Air yang bernama Richard Bransson. Rupanya sang miliarder selalu berusaha untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Saat pagi hari menjelang, semangat untuk menjalankan pekerjaan akan bisa meningkatkan mood Anda. Selain itu, aktivitas pagi hari ini juga akan membuat Anda lebih percaya diri, terkendali dan siap menghadapi tantangan sepanjang hari.

2. Tak Panik Ketika Ada yang Tidak Beres

Jika ada sesuatu hal yang tidak beres terjadi dalam perjalanan bisnisnya, seorang pengusaha tidak lantas menjadi panik. Hal-hal seperti ini biasa terjadi dalam menjalankan sebuah bisnis, bisnis memang berjalan beserta risikonya.

Namun, ternyata ada juga pengusaha yang malah menjadi stres dan cemas saat terjadi sesuatu yang tidak berjalan semestinya. Saat menemui masalah seperti ini, sebaiknya dapat diperbaiki secara rasional dan efisien.

1 dari 3 halaman

Di Luar Jam Kerja

3. Bekerja di Luar Jam Kerja

Ritual selanjutnya adalah bekerja di luar jam kerja. Biasanya, sebagian orang tidak menginginkan dirinya harus memiliki waktu kerja di luar jam bekerja normal mereka, terlebih jika tidak ada keuntungan uang di dalamnya.

Namun, lain halnya dengan yang dilakukan oleh para pengusaha sukses. Mereka malah suka bekerja tanpa kenal waktu kapan saja dan di mana saja. Setiap ada inspirasi untuk bisnisnya, maka mereka akan langsung bekerja.

4. Mengerjakan Prioritas

Sangat penting untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang lebih penting dan lebih sulit dibandingkan pekerjaan mudah yang bisa cepat diselesaikan. Prinsip seperti ini sangat dijunjung tinggi oleh para pengusaha sukses.

Pengusaha sukses biasanya menggunakan waktu terbaik pada pagi hari untuk menangani pekerjaan yang lebih kreatif dan menantang. Sisanya, baru kemudian menyelesaikan pekerjaan sampingan lainya.

2 dari 3 halaman

Tuliskan Agenda

5. Tuliskan Semua Agenda Kegiatan pada Satu Tempat

Jangan lupa untuk melakukan ritual ini, yaitu menulis semua jadwal pertemuan dan janji di satu tempat, dibandingkan menulisnya secara tersebar di kalender yang berbeda atau di kertas lainya.

Hal ini dilakukan agar semua agenda kegiatan tampak lebih jelas dan lebih mudah untuk ditemukan dan dipahami.

6. Memahami Teamwork

Dalam berbisnis, sudah seharusnya kita mampu bekerja dengan teamwork yang merupakan tim yang solid pendukung bisnis kita. Kebanyakan pengusaha sukses, sebut saja seperti raksasa Google, Paypall.

Kebanyakan orang-orang sukses ini ternyata mampu bekerja dengan orang lain, mampu berkompromi dan juga saling bertukar ide dengan orang lainya.

Jadilah Pengusaha yang Tidak Sekadar Pengusaha

Mungkin saat ini Anda sudah resmi menjadi pengusaha, namun ada beberapa hal yang harus segera dibenahi agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Dengan menyimak kebiasaan yang dilakukan para pengusaha sukses tadi, Anda bisa mengikuti dan mengaplikasikannya pada perjalanan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Jadilah pengusaha yang benar-benar sukses.

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Tepat Bikin Sate Kambing Makin Lembut