Sukses

Gunakan 5 Tips Pintar Ini Saat Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang hobi belanja dan berkeliling banyak tempat untuk memuaskan hobi belanja tersebut, kini tidak usah lagi repot untuk kesana kemari mencari produk yang ingin dimiliki yang mungkin sedang trending karena Anda bisa melakukannya secara online.

Berbelanja online ternyata juga memberikan kepuasan yang bisa menyamai saat kita berbelanja secara offline. Produk-produk kebutuhan kita saat ini banyak tersedia di e-Commerce dengan sangat lengkap.

Belanja online juga banyak dipilih orang karena melakukannya sangat mudah. Berbeda dengan belanja secara langsung yang terkadang kita harus mengantri saat akan melakukan pembayaran.

Namun, efek belanja online yang mudah ini, juga menimbulkan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif. Berbelanja online memang tidak dilarang, namun Anda harus bisa mengendalikan keinginan belanja tersebut agar tidak menyesal nantinya.

Berikut ini adalah 5 tips pintar untuk Anda yang suka belanja online seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mengenali Keaslian Barang

Saat memutuskan untuk berbelanja online, pastikan Anda mengecek mengenai keaslian suatu barang yang Anda beli secara online tersebut.

Karena barangnya tidak berwujud secara langsung, maka biasanya kita bisa cek ke outlet tertentu yang menjual merek tersebut, dan meminta pendapat, tentang model produk yang Anda beli secara online, jika memang original ciri-cirinya seperti apa.

2. Membandingkan Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang secara online di salah satu e-Commerce favorit, cobalah untuk membandingkan produknya terlebih dulu. Walaupun dijual secara online, kita masih bisa membandingkan beberapa faktor, seperti apakah ada gratis ongkos kirim, apakah kualitasnya bagus, apa sedang mendapatkan diskon.

Anda bisa mendapat semua informasi tersebut di situs itu, atau bisa bertanya kepada penjualnya langsung. Pastikan barang yang akhirnya dibeli adalah barang yang memang sedang diinginkan.

Anggaran

3. Anggaran

Salah satu faktor penting yang juga perlu diketahui saat berbelanja online adalah anggaran yang harus disiapkan. Orang yang bijak dalam mengelola keuanganya akan senantiasa membuat anggaran untuk kegiatan belanjanya, sekalipun itu adalah belanja online.

Coba cek anggaran belanja untuk bulan ini, apakah mengalami peningkatan atau masih sama saja dengan sebelumnya.

4. Me-review

Faktor lainya yang juga penting untuk memberi produk online adalah, saling berbincang dengan teman-teman dan saling melakukan review masing-masing.

Dengan begitu kita juga bisa mengetahui kualitas produk secara umum. Saat ini, pekerjaan me-review juga sudah banyak dilakoni orang sebagai penghasilan sehari-hari.

Cek pesanan

5. Cek Kembali Pesanan

Sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, sebaiknya Anda manfaatkan waktu untuk melakukan pengecekan terhadap pesanan yang sudah Anda pesan lewat online.

Lakukan pengecekan terhadap ukuran, harga, kualitas barang dan juga kuantitasnya. Jangan sampai saat barang sudah di tangan, ternyata barang tersebut tidak sesuai harapan.

Jadilah Pelanggan Online yang Pintar

Hobi berbelanja online juga harus tetap pintar, jangan sampai kita sembarangan berbelanja tanpa memperhatikan kualitas barangnya, walaupun ini dibeli secara online.

Hindari terjadinya penipuan saat berbelanja online hanya karena harga yang murah dan jenis barang yang sedang trending saat ini. belanja online dengan lebih pintar dan bijak tentunya.

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya