Sukses

Kejar Target Nikah Tahun Depan? Coba Tips Berhemat Ini

Menikah tentunya jadi harapan setiap pasangan yang serius menjalin hubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah tentunya jadi harapan setiap pasangan yang serius menjalin hubungan. Bisa menggelar pesta pernikahan yang meriah dan tidak terlupakan pastinya juga jadi harapan. Tak heran kalau Anda dan pasangan akan rajin mengumpulkan uang untuk menyiapkan dana pernikahan.

Namun, tahukah Anda bahwa biaya pernikahan itu terbilang besar? Bayar sewa gedung, katering, make-up, baju pengantin, suvenir, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Kalau ingin segera menikah dalam waktu setahun ke depan, mungkin tidak sih Anda dan pasangan bisa memenuhi semuanya Dikutip dari Tunaiku, Minggu (21/5/2017), berikut ini cara yang bisa diterapkan agar mampu mengunmpulkan dana untuk pernikahan dalam waktu cepat: 

Pisahkan gaji

Bagi anda dan pasangan yang masing-masing punya penghasilan sendiri, kalian sebenarnya bisa membagi tugas. Caranya, pisahkan gaji atau uang yang ingin kalian sisihkan untuk biaya pernikahan.

Misalnya Anda bisa menabung Rp 500 ribu per bulan untuk membayar uang muka gedung. Sementara, pasangan Anda juga menyisihkan Rp 500 ribu per bulan untuk biaya uang muka katering.

Jangan sering kencan

Selalu ada saja cara untuk menyisihkan uang, misalnya dengan menghemat dana kencan. Kalau selama ini kalian sering menghabiskan Rp 50 sampai 200 ribu untuk sekali kencan, kenapa tidak berhemat saja? Dana yang biasanya kalian habiskan untuk kencan itu bisa ditabung dan dialokasikan untuk biaya pre-wedding.

Sisihkan Rp 100 ribu per minggu untuk celengan

Menabung itu banyak caranya. Tidak harus dalam jumlah besar atau ditabung di bank, kok. Cara sederhana yang bisa kalian lakukan adalah menyisihkan Rp 100 ribu atau masing-masing Rp 50 ribu per minggu dalam celengan. Nanti setelah satu tahun, uang itu bisa kalian gunakan untuk membeli atau memesan gaun pernikahan.

Setiap bulan, belilah satu jenis barang untuk seserahan

Membeli seserahan toh tidak harus sekaligus? Nah, cara pintar yang bisa kalian lakukan adalah membeli satu jenis barang setiap bulannya.

Nanti dalam dua belas bulan atau satu tahun sudah ada dua belas jenis barang seserahan yang kalian punya. Tinggal bungkus dan hias sedemikian rupa, jadi deh seserahan buat nikahan kalian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.