Sukses

Coba 5 Trik Ini Jika Ingin Sukses Berbisnis Bareng Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Berbisnis bareng pasangan tentunya akan lebih menyenangkan. Kita bisa lebih memiliki waktu untuk berdua, tapi dalam konsep yang lebih menghasilkan sesuatu.

Menjalankan bisnis bersama pasangan, tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan, namun pasangan juga bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

Hubungan seperti ini tentunya bisa lebih mempererat hubungan antara Anda dan pasangan, terlebih jika sebelumnya sedang mengalami masalah.

Memang bukan hal yang mudah untuk menjalankan bisnis berdua dengan pasangan, karena akan ada beberapa hambatan ketika Anda berdua memiliki perbedaan  pemikiran dalam mengambil keputusan bisnis.

Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda dan pasangan memantapkan diri dulu untuk bisa berbisnis dengan pasangan. Jangan terkesan asal-asalan hanya berdasarkan pada perasaan.

Berikut ini, beberapa hal yang harus Anda dan pasangan pikirkan ketika hendak melakukan bisnis bersama seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Buat Komitmen

Dalam berbisnis, Anda dan pasangan juga harus memiliki komitmen, karena bisnis adalah hal yang serius untuk dilakukan bersama pasangan. Sebaiknya Anda dan pasangan memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun bisnis bersama selanjutnya.

Komitmen yang terjalin harus berupa adanya pembagian tugas kerja, pembagian hasil usaha, dan segala hal yang terkait dengan bisnis tersebut.

2. Surat Perjanjian

Mungkin ini terkesan sangat resmi, saat harus membuat surat perjanjian dalam berbisnis. Tapi perlu diketahui, walaupun dia adalah pasangan Anda, dalam bisnis memerlukan kesepakatan tertentu, seperti kesepakatan pembagian hasil serta pembagian kinerja.

Jika ini tidak disepakati, masalah bisa saja muncul. Masalah ini akan berpengaruh pada kehidupan pribadi Anda dan pasangan. Surat perjanjian juga akan akan mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan ke depannya.

1 dari 3 halaman

Pembagian Tugas

3. Ada Pembagian tugas

Menjalankan bisnis bersama, terutama yang benar-benar serius dan bisnisnya sudah berjalan, harus diadakan pembagian tugas yang jelas.

Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk mengetahui apa yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab dalam berbisnis.

4. Transparan

Dalam menjalankan bisnis, tidak ada bedanya dengan menjalankan hubungan rumah tangga, diperlukan adanya sikap yang transparan akan berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Usahakan untuk saling jujur dan terbuka apalagi mengenai masalah keuangan dalam bisnis terkait.

2 dari 3 halaman

Profesional

5. Profesional

Walaupun Anda dan pasangan memiliki ikatan khusus, namun dalam berbisnis Anda berdua harus bertindak lebih profesional. Dalam menjalankan bisnis, akan banyak rintangan yang harus dihadapi, dan untuk menyelesaikannya, Anda harus menyikapinya secara profesional dan kesampingkan dulu masalah pribadi Anda yang memang memiliki ikatan khusus dengan pasangan.

Pisahkan Masalah Pribadi dengan Masalah Bisnis

Tantangan terbesar menjalankan bisnis bersama pasangan adalah bisakah Anda berdua bersikap profesional, dengan memisahkan antara masalah pribadi dengan masalah bisnis.

Kalau bisa menyeimbangkan keduanya, bisnis yang dijalankan akan berhasil, sebaliknya, jika Anda tidak bisa bersikap profesional, maka hubungan bisnis serta hubungan kalian bisa terancam berakhir dalam sekejap. Pisahkan masalah pribadi dan bisnis dengan sikap profesional.

Artikel Selanjutnya
VIDEO: 3 Konsep Sederhana Raih Sukses Versi Bos Karir.com
Artikel Selanjutnya
10 Petuah Sukses Para Pebisnis dan Miliarder Dunia