Sukses

Penduduk Pulau Terdepan yang Nikmati Listrik Bertambah

Peningkatan pasokan tdi Pulau Enggano dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) akan menambah kapasitas listrik di Pulau Enggano, Bengkulu agar masyarakat yang menikmati listrik pada pulau terdepan Indonesia menjadi lebih banyak.

‎General Manajer PLN Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu Budi Pangestu mengatakan, PLN telah melistriki Pulau Enggano dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada Agustus tahun lalu, tetapi baru 50 kepala keluarga yang menikmati listrik.

"Untuk Pulau Enggano, pada tahun lalu pas 17 Agustus PLN masuk untuk 50 pelanggan," kata Budi, di Jakarta, Sabtu (20/5/2017). PLN akan meningkatkan kapasitas listrik yang ada di Enggano agar jumlah masyarakat yang menikmati listrik bertambah.

Peningkatan pasokan tersebut dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Dengan begitu kapasitas listrik di pulau tersebut meningkat dari 100 kilo Watt (kW) menjadi 1 Mega Watt (MW).

"Jadi kalau siang pasokan dari PLTS. Kalau malam dari PLTS dan PLTD. Kami tingkatkan 1 MW dari 100 kW," ucapnya.

Untuk meningkatkan kapasitas tidak hanya menambah jumlah pembangkit, tetapi juga membangun jaringan transmisi dan distribusi untuk menyalurkan listrik ke pemukiman penduduk. Saat ini PLN sedang mendatangkan tiang listrik dari Bengkulu.

"Memang kendala selama beberapa bulan nggak bisa, karena rencana awal jaringan pakai tiang beton ternyata kapal tidak bisa mengangkut karena terlalu berat, kita putuskan pakai tiang besi saja," tutup Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.