Sukses

Lukisan Abstrak Ini Terjual Rp 1,4 Triliun, Siapa Pembelinya?

Rumah lelang Sotheby's mencatat nilai lelang tersebut sebagai rekor penjualan tertinggi bagi seorang seniman Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah lukisan karya pelukis Amerika Serikat Jean-Michel Basquiat mampu menarik perhatian publik. Bagaimana tidak, lukisan abstrak berjudul "Untitled" tersebut terjual oleh Rumah Lelang Sotheby's seharga US$ 110,5 juta atau setara Rp 1,4 triliun (kurs 1 US$ = Rp 13.330)

Melansir VOA, Minggu (21/5/2017), Sotheby's mencatat nilai lelang tersebut sebagai rekor penjualan tertinggi bagi seorang seniman Amerika Serikat. Hampir 30 tahun setelah kematiannya, Jean Michel Basquiat baru bisa menjual lukisannya dengan harga rekor ini.

Pembeli lukisan tersebut adalah miliarder asal Jepang Yosaku Maezawa. Ia membeli lukisan setelah melewati penawaran harga selama 10 menit.

Maezawa mengatakan, memiliki rencana untuk meminjamkan Basquiat ke museum dan pameran sebelum ditempatkan di sebuah museum di Chiba, Jepang.

"Saat saya melihat lukisan ini, saya terkesan dengan kegembiraan dan rasa syukur atas cintaku pada seni," ujar Yasuka Maezawa.

foto: telegraph.co.uk

"Untitled" yang bernilai jutaan dolar itu menggambarkan kepala mirip tengkorak dan dibuat dengan menggunakan cat minyak, cat akrilik, dan semprotan di kanvas raksasa. Lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi sejak tahun 1984 ketika pertama kali dijual dengan harga hanya US$ 19 ribu.

Selain lukisan ini, Basquiat juga pernah membuat lukisan lain yang juga diberi judul Untitled. Lukisan tersebut tahun lalu dengan harga US$ 57,3 juta.

Basquiat adalah seniman kelahiran Brooklyn dari orangtua asal Haiti dan Puerto Riko. Dia meninggal di usia 27 tahun pada 1988, akibat over dosis.

Kematian di usia relatif muda, membuat seniman ini hanya berkarya selama delapan tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.