Sukses

Begini Cara Beradaptasi di Kantor Baru

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pekerjaan baru tandanya Anda harus siap menerima dengan segala perubahan, baik berupa gaji, teman kerja, lingkungan, bos, hingga peraturan yang baru. Rasa cemas, canggung hingga malu kadang sering terjadi di hari pertama bekerja.

Nah, satu hal yang penting dan harud dilakukan oleh Anda yaitu beradaptasi. Ya, memang tidak semua orang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Berikut ini ada beberapa cara beradaptasi yang bisa Anda lakukan ketika bekerja di kantor baru seperti dikutip dari Karir.com:

1. Bersikaplah sopan

Biasakan Anda bersikap sopan kepada siapapun, baik itu teman hingga rekan kerja di kantor baru. Hal ini harus dilakukan agar memperlancar adaptasi Anda kepada lingkungan kantor yang baru.

Selain itu, ini berguna untuk Anda disaat membutuhkan bantuan pekerjaan. Dengan begitu Anda akan mudah mendapatkan rekan kerja dan beradaptasi dengan baik di kantor baru.

2. Berbaur ketika istirahat

Untuk membuat kesan yang positif, hal yang harus Anda lakukan yaitu cobalah berbaur dengan rekan kerja yang baru. Coba untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan senyum ketika disapa.

Ketika makan siang tiba, inilah saat yang tepat untuk Anda melakukan pendekatan dengan rekan kerja. Cobalah ajak makan siang bersama dan gunakan waktu ini untuk mengobrol dengan mereka.

Jangan malu bertanya


3. Jangan malu bertanya

Sebagai karyawan baru, Anda diharapkan memiliki inisiatif yang tinggi. Karena itu, jika Anda mendapati kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah malu bertanya kepada atasan. Atasan Anda pasti akan memakluminya dan memberikan penjelasan.

Ketika atasan Anda sedang memberikan penjelasan, jangan lupa catat apa saja yang penting lalu setelah itu kerjakan langsung pekerjaan dan jangan pernah menunda-nunda. Tunjukkan bahwa Anda tipe pekerja yang cepat menangkap sesuatu yang baru.

4. Ubah cara berpikir

Yang penting Anda lakukan ketika bekerja di kantor baru yaitu ubahlah cara atau pola berpikir. Sebagai karyawan baru, tentunya Anda perlu menyesuaikan diri dengan rekan kerja yang baru.

Maka, jangan pernah berpikir bahwa rekan kerja Anda yang baru harus atau bisa memahami sifat dan karakter Anda. Jadi, Anda yang harus belajar bagaimana menempatkan diri di antara rekan kerja yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.