Sukses

China Berminat Aktifkan Kembali Jalur Kereta Lintas Selatan Jawa

Jalur kereta lintas selatan Pulau Jawa akan dihidupkan kembali.

Liputan6.com, Jakarta Jalur kereta lintas selatan Pulau Jawa akan dihidupkan kembali. Proyek tersebut rencananya akan didanai oleh China. Dengan diaktifkan kembali jalur tersebut diharapkan bisa mengembangkan perekonomian Jawa bagian selatan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam kunjungannya ke China beberapa waktu lalu, Presiden China Xi Jinping ‎mengutarakan minat peningkatan kerjasama dengan Indonesia.

"Yang menarik dalam pertemuan bilateral Presiden Xi Jinping‎ menawarkan banyak skema bantuan ke Indonesia, karena memang sebelumnya sudah ada pertemuan dengan state consular," kata Luhut, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (23/5/217).

‎Luhut menyebutkan, salah satu proyek yang diminati China adalah menghidupkan kembali jalur kereta di selatan Jawa, jalur tersebut akan menghubungkan Banten hingga Banyuwangi Jawa Timur.

‎"Membangun menghidupkan lagi jalan kereta di Selatan Pulau Jawa, sekarang memang ada yang sudah ada tetapi ada juga yang belum, " papar Luhut.

Luhut mengungkapkan, dihidupkan kembali‎ jalur kereta Jawa bagian selatan ini akan menciptakan pemerataan dan mendorong perkembangan perekonomian di wilayah tersebut. Pasalnya, selama ini pengembangan ekonomi terkonsentrasi di Jawa bagian utara.

"Dari Banten ke Banyuwangi, kenapa itu karena sekarang konsentrasi di utara,"‎ tutup Luhut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.