Sukses

Kementerian PUPR Atasi Rob di Semarang untuk Perlancar Arus Mudik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menyiapkan pompa untuk mengatasi rob atau banjir di Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menyiapkan pompa untuk mengatasi rob atau banjir di Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah. Dengan itu, maka pemudik bisa nyaman saat melintasi Semarang.

"Di Jawa juga jalan raya Kaligawe, Semarang sering mengalami rob, genangan banjir yang disebabkan air laut karena tanahnya mengalami penurunan. Di sana sudah disiapkan pompa jadi seandainya pemudik lewat bisa diatasi dengan pompa," kata Staf Ahli Menteri PU-PR bidang Keterpaduan Pembangunan Adang Saf Ahmad di Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Untuk memperlancar mudik di Jawa Tengah, pihaknya akan memfungsikan jalan layang (fly over) di wilayah Brebes. Dia menyebut, ada 4 jalan layang yang sedang dibangun yakni Dermoleng-Ketanggungan, Kretek-Paguyangan, Klonengan-Prupuk, Kesambi.

"Dari 4 itu yang progress yang sudah 95 persen, progress-nya bagus, yang nanti bisa dilewati itu di Dermoleng," ujar dia.

Selain itu, dia menuturkan, pemerintah akan memfungsikan ruas tol dari Pejagan sampai Semarang. Tol ini masih bersifat fungsional, artinya belum dilengkapi fasilitas seperti badan jalan, tempat makan, tempat istirahat, dan lain sebagainya. Tol masih berupa beton. Sebab itu, pemudik diharapkan hati-hati saat melintas.

Dia menambahkan, manajemen pengoperasiannya akan diserahkan oleh Kementerian Perhubungan. Tapi secara garis besar, dua lajur akan dibuka menuju timur Jawa saat mudik. Begitu juga sebaliknya saat arus balik.

"Jadi bayangan saya nanti waktu Lebaran, Jakarta ke sana arah timur satu arah. Setelah Lebaran dari timur ke Jakarta. Dan tol Jawa Tengah nanti akhir 2018 direncanakan selesai bisa operasional. Kalau fungsional belum bayar," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

    Banjir ROB

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Kementerian PUPR adalah salah satu kementerian yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

    Kementerian PUPR