Sukses

Pertamina akan Tiru Jepang Tingkatkan Ketahanan Energi

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) akan meniru upaya perusahaan minyak dan gas (migas) Jepang Inpex Coorporation, untuk meningkatkan ketahanan energi. Negara tersebut dinilai berhasil memenuhi kebutuhan migas meski tidak memiliki sumber di dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, Jepang memiliki cara yang baik untuk menjaga ketahanan energinya. Jepang tidak memiliki sumber minyak dan gas bumi (migas), namun, lewat Inpex negara tersebut mampu memenuhi kebutuhan energinya, kemudian menjadi penjual migas.

"Jepang dia memenuhi kebutuhan energi dalam negeri, kemudian jadi pedagang migas. Caranya dia ikut Inpex," kata Elia, di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (24/5/2017‎).

‎Menurut Elia, Pertamina akan mencontek cara Jepang untuk meningkatkan ketahanan energinya, dengan melakukan pencarian migas ke berbagai belahan dunia, kemudian migas hasil pencarian akan dibawa pulang ke dalam negeri.

"Itu dia cari barang, bayangkan dia lakukan itu di seluruh dunia, dia tidak punya cadangan energi dia konstan," tutur Elia.

Elia mengungkapkan, Pertamina sebagai badan usaha yang berperan dalam menjaga ketahanan energi nasional akan melakukan ekspansi pencarian migas di luar negeri‎ lebih masif lagi. Saat ini perseroannya sedang mengkaji cara Jepang memenuhi kebutuhan energinya.

‎"Kita ambil posisi walau tidak mayoritas, kita ambil barang sehingga kita sifatnya lebih long term, kita sedang kajian," tutup Elia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • migas