Sukses

BI Turunkan Bunga Kartu Kredit Juni 2017

Bank Indonesia (BI) tetap akan menurunkan tingkat bunga kartu kredit menjadi 2,25 persen per bulan atau 26,95 persen setahun per Juni 2017

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) tetap akan menurunkan tingkat bunga kartu kredit menjadi 2,25 persen per bulan atau 26,95 persen setahun per Juni 2017. Atas kebijakan tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengaku sudah memangkas bunga kartu kredit sejak dua bulan lalu.

Gubernur BI, Agus Martowardojo menyatakan, BI sudah mensosialisikan penurunan tingkat bunga kartu kredit kepada para perbankan sejak 9 bulan lalu. Dengan begitu, tidak ada kata mundur untuk menjalankan kebijakan yang sudah tertuang dalam peraturan BI
tertanggal 2 Desember 2016.

"Tidak mundur (penurunan bunga kartu kredit) karena kita sudah umumkan 9 bulan sebelumnya. Juni tetap akan kita kasih batas sehingga sekarang semua issuer (penerbit) kartu kredit harus mempersiapkan untuk tidak melampaui apa yang diatur BI," tegas Agus di kantornya, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Penurunan bunga kartu kredit sebesar 70 basis poin ini menyusul peraturan BI yang terbit 2 Desember 2016, yakni Surat Edaran BI perihal perubahan keempat atas surat edaran BI Nomor 11/10/DKSP Tanggal 13 April 2009 perihal penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu.

Agus memastikan tidak ada perbankan yang komplein dengan aturan ini. BI pun akan terus melakukan pengawasan supaya penerbit kartu kredit dapat menerapkan batasan bunga kartu kredit tersebut. Untuk diketahui, bunga kartu kredit saat ini 2,95 persen per bulan atau 35,4 persen setahun.

"Sejauh ini tidak ada (keluhan). Kita terus melakukan pengawasan kepada penerbit kartu kredit untuk patuh dengan aturan itu," Mantan Menteri Keuangan itu menjelaskan.

Sementara itu, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja menuturkan, pihaknya sudah menurunkan tingkat bunga kartu kredit sejak dua bulan lalu. Akan tetapi dia belum menyebutkan berapa yang dipangkas.

"Kita sudah nurunin (bunga kartu kredit). Saya lupa (angkanya), tapi sudah turun dua bulan lalu," tandasnya.

Sekretaris Perusahaan BCA, Jan Hendra menuturkan perusahaan menurunkan tingkat bunga kartu kredit sesuai dengan peraturan BI. "Kami turunkan bunga kartu kredit 2,25 persen per 1 Juni 2017 sesuai dengan aturan yang berlaku," tukas Jan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.