Sukses

Kendalikan Harga Pangan, Gubernur BI dan Menteri Gelar Rapat

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) menyatakan realisasi inflasi sebesar 0,3 persen-0,4 persen di minggu ketiga Mei 2017. BI dan pemerintah akan menggelar rapat koordinasi pada Jumat ini (26/5/2017) dalam rangka pengendalian inflasi saat puasa dan lebaran.

"Inflasi minggu ketiga Mei 0,3 persen-0,4 persen. Kita melihat masih sama dengan target kita," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di kantornya, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Menurutnya, realisasi inflasi tersebut dikontribusi kenaikan harga beberapa komoditi bahan pangan, seperti daging ayam, telur ayam, dan yang lainnya.

"Itu klasik karena di Indonesia tantangannya memang itu. Selama bertahun-tahun kondisinya itu sehingga perlu koordinasi untuk meyakinkan pasokan pangan dan distribusi cukup," dia menerangkan.

Agus mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi. Upaya menjaga laju inflasi akan terus dilakukan pemerintah, bersama BI. "Hari Jumat ini, kita akan kembali rapat dengan pemerintah, melalui Menko Bidang Perekonomian dan menteri-menteri terkait untuk meyakinkan bahwa puasa ini semua terkendali," paparnya.

Namun demikian, Agus optimistis, inflasi di Mei ini akan bergerak stabil berkat langkah pengendalian yang dijalankan pemerintah. "Ada satgas stabilisasi harga pangan di daerah yang cukup efektif menjalankan pengendalian. Jadi kita yakini (inflasi) tidak terlalu mengkhawatirkan," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.