Sukses

Penambang Brasil Temukan Batu Langka Seharga Rp 4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok penambang asal Brasil berhasil menemukan batu hitam langka yang ternyata memiliki nilai fantastis. Batu seberat 362 kilogram (kg) tersebut ternyata merupakan bongkahan batu Emerald dengan nilai mencapai 235 juta pound sterling atau setara Rp 4 triliun.

Melansir dailymail.co.uk, Kamis (25/5/2017), batu tersebut ditemukan di tambang Carnaiba, di kota Pindobacu, Brasil. Saat itu penambang tengah menggali batuan lain.

Penggalian kemudian terhenti, setelah para penambang menemukan sebuah batu hitam raksasa yang berkilau hijau di bawah cahaya matahari.

Batu emerald raksasa (foto: dailymail)

Demi bisa mengangkat batu tersebut, penambang bersusah payah mengukir sekeliling batu agar tidak merusaknya. Batu tersebut kemudian dijual ke pembeli yang identitasnya mereka rahasiakan.

Namun, pengacara dari pembeli Marcio Jandir mengatakan, kliennya tidak memiliki rencana untuk menyimpan batu tersebut seorang diri. Ia bahkan memiliki rencana untuk memamerkan batu tersebut untuk umum.

"Kami telah melakukan semua penerbitan sertifikat. Dokumen tersebut telah dikeluarkan, dan hari ini pemilik batu tersebut diberi kuasa atas batu tersebut," kata Marcio.

Rencananya, batu tersebut dipamerkan dengan batu-batu berharga lainnya di museum dan perpustakaan nasional Brasil. Apabila dipotong dan dipoles, diperkirakan batu Emerald raksasa itu memiliki berat hingga 200 ribu karat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.