Sukses

6 Kebutuhan Pokok Nasional yang Naik Jelang Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Mulai Sabtu besok, umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa hingga sebulan ke depan. Di hari-hari menahan lapar dan haus ini, biasanya konsumsi masyarakat justru meningkat dari hari biasa.

Tingginya konsumsi masyarakat membuat sebagian harga komoditas naik. Meski pemerintah telah berupaya agar harga-harga tetap stabil, namun para pedagang dan distributor berkata lain. Tercatat, beberapa harga kebutuhan pokok naik.

Agar keuangan Anda tidak terganggu, sebaiknya Anda menghindari dan mengendalikan konsumsi komoditas tersebut. Berikut ini komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga sepekan sebelum puasa, berdasarkan riset Halomoney.co.id dari data harga di Kementerian Perdagangan:

1. Minyak Goreng Curah

Di awal Mei, harga minyak goreng curah masih Rp 11.480 per kilogram (kg), lalu mencapai harga tertinggi Rp 11.523 per kg. Meski mulai melandai di awal pekan sebelum puasa, namun masih merambat naik tiga hari sebelum puasa menjadi Rp 11.493 per kg.


2. Daging Ayam Broiler

Di awal Mei, daging ayam broiler masih  Rp 30.370 per kg, terus merambat naik hingga menjelang puasa. Sepekan sebelum puasa, harganya mencapai Rp 31.752 kg. Tiga hari sebelum puasa, harganya bertengger di level Rp 31.642 per kg, naik dari awal Mei.

3. Telur Ayam Ras

Dari grafik harga, telur ayam ras juga perlahan namun pasti terus mengalami kenaikan, sejak awal Mei saat harganya masih Rp 21.780 per kg hingga sepekan sebelum puasa.

Sepekan sebelum puasa, harganya mencapai Rp 23.166 per kg, dan bertengger di posisi Rp 22.974 kg tiga hari sebelum puasa.

Cabai Merah Biasa


4. Cabai Merah Biasa

Cabai merah biasa juga mengalami kenaikan harga secara perlahan. Di awal Mei, harganya masih Rp 30.430 per kg, lalu pada 24 Mei atau tiga hari sebelum puasa, harganya naik ke level Rp 32.213 per kg.

5. Cabai Merah Keriting

Cabai merah keriting mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan di pertengahan Mei menjadi Rp 31.107 per kg, naik dari awal Mei sebesar Rp 28.840 per kg. Tiga hari sebelum puasa, harganya kembali naik menjadi Rp 28.969.

Baca juga: Kredit Tanpa Agunan Cepat dan Mudah buat Kebutuhan Lebaran

 

Beras Medium



6. Beras Medium

Komoditas pokok konsumsi utama masyarakat Indonesia sedikit naik menjelang puasa. Di awal Mei, harganya stabil di level Rp 10.580 per kg, sempat naik menjadi Rp 10.623 sepekan sebelum puasa. Tiga hari sebelum puasa, sedikit turun menjadi Rp 10.595 per kg, namun masih lebih tinggi dari awal Mei.    

Dari 12 komoditas, 6 komoditas tercatat mengalami penurunan. Yakni bawang merah, gula pasir, kedelai lokal, kedelai impor, tepung terigu, dan daging sapi.

Itulah 6 komoditas bahan pokok yang wajib kamu kendalikan konsumsi dan belanjanya agar keuangan Anda tetap “sehat” dan “bugar” selama di bulan puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.