Sukses

8 Manfaat Menyapa Seseorang Saat Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda seseorang yang dapat bangun pagi hari, dan bekerja di pagi hari atau tidak, tampaknya menyapa seseorang suatu hal yang enggan dilakukan.

Padahal menyapa rekan kerja pada pagi hari ternyata juga punya manfaat saat menjalani hari kerja. Dalam blog, konsultan karier Jobacle, Andrew Rosen menyatakan kalau saat ini orang enggan untuk saling menyapa.

Peneliti dan psikolog Sam Sommers menulis soal kekuatan sapaan dalam blog Psychology Today. Dia menulis kalau penelitian menunjukkan hal-hal kecil telah membuat perbedaan besar dalam interaksi sosial. Misalkan senyuman.

Ia pun menceritakan pengalamannya ketika seorang siswanya berterimakasih kepada dirinya karena telah meluang waktu untuk menyapa dan berbicara di depan kelas sebelum mulai pelajaran.

Menyapa atau mengatakan halo mungkin agak canggung pada awalnya. Akan tetapi, hal itu sebenarnya lebih dihargai orang lain dari yang mungkin Anda pikirkan.

Berikut sejumlah alasan untuk mencoba menyapa atau sekadar katakan selamat pagi, seperti dikutip dari laman Business Insider, Minggu (28/5/2017):

1. Sopan Santun

Menyapa orang mungkin hanya dianggap sopan santun. Kata-kata seperti tolong dan terimakasih juga sebagai dasar bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Rosen menuturkan, padahal dua kata tersebut dapat membantu perbaiki komunikasi dan menjaga keseluruhan suasana.

2. Mengenal rekan kerja

Anda akan menghabiskan waktu di kantor. Jadi kenapa tidak untuk mengenal sekeliling Anda. Coba menyapa mereka pada saat pagi hari. Anda akan menyukai mereka dari yang dipikirkan.

3. Menciptakan suasana demokratis

Jika seseorang menyapa dari tingkat bawah hingga Chief Executive Officer (CEO) ini memberikan suatu kelebihan. Ini memberikan suatu gambaran kalau seluruh orang dihargai.

4. Cepat

Menyapa halo hanya mengambil waktu beberapa detik. Meski mungkin akan sulit bila dikatakan atau merasa canggung, tetapi ini dapat berdampak besar.

Hibur Seseorang

5. Gratis

Menyapa tidak akan membuat Anda mengeluarkan biaya jika mencobanya.

6. Melihat diri sendiri

Menyapa orang lain ini juga dapat membuat Anda diperhatikan. Anda mungkin mendapatkan pengakuan yang layak untuk didapatkan.

7. Mengurangi kecanggungan

Menyapa juga dapat mengurangi kecanggungan bila nanti Anda akan berhubungan dengan karyawan lain. Dengan komunikasi yang baik maka dapat membantu pekerjaan lebih baik.

8. Anda bisa menghibur seseorang

Dengan sapaan dan senyuman kepada seseorang, siapa tahu itu membantu orang lain yang sebenarnya sedang alami masalah atau kesedihan. Sommers menulis, rintangan terbesar yang dihadapi seseorang untuk membentuk persahabatan kalau kadang kita berpikir orang itu tidak tertarik.

Padahal dalam kenyataannya, semua orang ingin berinteraksi dengan orang lain. Mengatakan halo dan sapaan adalah cara sederhana untuk menghancurkan penghalang dalam berkomunikasi. Jadi sudah siap tersenyum dan menyapa seseorang di pagi hari ini?

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.