Sukses

Dukung Profesi Jurnalis, Miliarder Ini Gelontorkan Rp 13,3 Miliar

Miliarder Jeff Bezos memberikan sumbangan sebesar US$ 1 juta atau setara Rp 13,3 miliar untuk para jurnalis.

Liputan6.com, New York - Miliarder Jeff Bezos memberikan sumbangan sebesar US$ 1 juta atau setara Rp 13,3 miliar sebagai dukungannya terhadap profesi jurnalis.

Sumbangan tersebut diberikan pendiri perusahaan Amazon itu kepada aliansi jurnalis Reporters Committee for Freedom of the Press (RCFP) di acara perayaan hari ulang tahun RCFP pada 23 Mei lalu.

Seperti dilansir Forbes, Selasa (30/5/2017), uang dalam jumlah banyak tersebut merupakan sumbangan terbesar yang pernah diterima aliansi jurnalis sejak 46 tahun berdiri. Sumbangan tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung kantor berita lokal agar tetap berjalan.

Ketua RCFP David Boardman mengatakan, sumbangan dari Jeff Bezos akan bisa membantu mereka untuk terus mengedukasi perusahaan berita di dunia.

"Hadiah ini akan membantu kami terus tumbuh, untuk menawarkan dukungan hukum dan pendidikan kepada lebih banyak perusahaan berita, dan untuk memperluas layanan kami kepada jurnalis independen, ruang berita non-profit dan pembuat film dokumenter," tuturnya.

Selain merayakan hari jadi RCFP, aliansi jurnalis ini juga melakukan penggalangan dana sebagai dukungan untuk keberlanjutan kebebasan pers. Dalam acara tersebut, terkumpul dana dari peserta mencapai US$ 1,9 juta.

Ini bukanlah kali pertama Jeff Bezos menggelontorkan uang yang banyak untuk amal. Sebelumnya, Bos Amazon ini juga pernah menyumbang Rp 24,5 miliar untuk mendukung kampanye pernikahan sesama jenis di Washington.

Nilai ini merupakan jumlah terbesar dari donasi yang pernah disumbangkan untuk kampanye tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya