Sukses

6 Kereta Baru KAI untuk Kelas Ekonomi Berfasilitas Eksekutif

Enam rangkaian kereta baru KAI dioperasikan untuk tambahan angkutan Lebaran 2017.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menerima keseluruhan enam train sett baru dari PT INKA (Persero) pada pertengahan Juni 2017. Enam kereta baru ini akan dioperasikan untuk tambahan angkutan Lebaran.

‎Perlu dicatat, enam rangkaian kereta baru yang mulai diterima KAI secara bertahap ini memang memiliki kelas ekonomi. Hanya saja, kereta ekonomi baru ini memiliki predikat "premium", lain jika dibandingkan dengan kelas ekonomi yang selama ini dimiliki KAI.

‎Senior Manager Secretary, Public Relation dan CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam-Zam, membeberkan mengapa kereta baru ini bisa memiliki predikat premium.

"Jumlah kursinya 80, fasilitas kursi yang dipasang sudah bisa di-setting untuk rebahan. Interior kereta juga lebih dipercantik," kata Cholik kepada Liputan6.com, Senin (29/5/2017).

Layaknya kelas eksekutif, kereta premium ini dilengkapi televisi premium yang lebih banyak terpasang di center ceiling atau bagian atas gerbong.

Penggunaan bahan interior, Cholik menuturkan, juga menggunakan aluminium extruction pada center ceiling dan bagian atas gerbong. "Jadi kereta ekonomi serasa eksekutif," tegas dia.

Layaknya pesawat, bagian atas kursi juga dilengkapi lampu baca yang bisa dimanfaatkan para penumpang. Soal keamanan, kereta ekonomi premium ini juga dilengkapi CCTV di masing-masing gerbong-nya.

Seperti diketahui, dalam operasi nanti, setiap satu rangkaian akan terdiri atas delapan gerbong yang memiliki 80 tempat duduk dan dua gerbong memiliki 64 tempat duduk dan satu gerbong makan dan pembangkit. Dengan begitu, dalam satu train sett akan memiliki 768 tempat duduk.

Jika enam rangkaian baru kereta produksi INKA ini bisa diserahkan ke KAI tepat waktu, maka akan menjadi amunisi baru bagi KAI dalam meningkatkan volume tambahan ‎untuk penyelenggaraan operasi angkutan Lebaran 2017.

Adapun dengan enam rangkaian kereta tambahan tersebut, maka akan ada 4.068 kursi tambahan yang akan dijual kepada masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik Lebaran tahun ini‎. (Yas)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.