Sukses

Alasan Kementerian ESDM Rombak Pejabat SKK Migas

Arcandra menginginkan pimpinan baru SKK Migas dapat mencapai target penurunan biaya pengembalian kegiatan produksi migas.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat di Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengalami perombakan. Hanya ada satu pejabat lama yang masih bertahan yaitu Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, tujuan pembongkaran pejabat di lembaga yang menangani kegiatan pencarian minyak tersebut adalah regenerasi untuk meningkatkan kinerja lembaga.

"Biasanya yang namanya pergantian pimpinan apa yang kita harapkan? Kami harapkan adanya perbaikan kinerja yang lebih baik," kata Arcandra, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Tujuan berikutnya adalah agar pelaksanaan program yang telah ditetapkan berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu juga untuk penyegaran agar muncul semangat baru.

"Kedua program program yang dilaksanakan akan lebih efektif dan efisien. Ketiga ada hal hal dimana pergantian pimpinan tersebut butuh darah segar, dengan semangat baru," papar dia.

Dengan adanya perombakan, Arcandra menginginkan pimpinan baru SKK Migas dapat mencapai target penurunan biaya pengembalian kegiatan produksi migas oleh negara ke kontraktor (cost recovery) dan kenaikan produksi migas.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan melantik lima pejabat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan 9 Badan Pengatur Kegiatan Hilir Migas (BPH Migas).

Jonan mengatakan, pelantikan 14 pejabat tersebut merupakan lanjutan dari pengangkatan anggota Komite BPH Migas dan pimpinan SKK Migas, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya ucapkan selamat atas pengangkatan anggota Komite BPH Migas oleh bapak Presiden dan juga atas pengangkatan pimpinan SKK Migas yang dilantik pada hari ini," kata Jonan, saat melantik di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Pejabat SKK Migas yang dilantik adalah:

- Wakil Kepala SKK Migas Sukandar
- Sekretaris SKK Migas Arief Setiawan Handoko
- Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffe Arizon Suardin
- Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman
- Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M. Atok Urrahman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.