Sukses

Ingin Liburan Berkesan dan Biaya Murah? Simak 6 Tips Ini

Ada sejumlah cara agar tetap mendapatkan liburan menyenangkan dan berkesan dengan biaya murah.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki pertengahan tahun kadang menghadapi liburan sekolah. Pada tahun ini, pada pertengahan tahun juga bertepatan dengan Lebaran. Oleh karena itu, bakal menghadapi libur panjang.

Untuk merencanakan waktu libur tersebut butuh perencanaan matang. Ini agar liburan Anda menyenangkan dan berkesan. Liburan menyenangkan dan memberi kenangan indah kadang membutuhkan biaya mahal.

Meski demikian, ada sejumlah cara untuk tetap mendapatkan liburan menyenangkan dan berkesan bagi seseorang dan keluarga.

Misalkan dengan merencanakan liburan yang matang, riset, dan sikap yang fleksibel, seseorang dan keluarga juga bisa pergi jalan-jalan dengan biaya murah. Tak hanya juga dapat pengalaman berharga dan berkesan saat liburan.

Ingin tahu bagaimana agar liburan dengan biaya murah dan berkesan? Berikut tips-nya seperti dikutip dari laman USA Today, seperti ditulis Selasa (30/5/2017):

1. Pangkas biaya transportasi

Sebelum merencanakan perjalanan, pikirkan matang untuk anggaran. Dengan ada perhitungan biaya liburan dapat membantu Anda. Sebaiknya juga Anda mengetahui berapa biaya transportasi terutama misalkan kalau bepergian dengan pesawat.

Selain itu, jalan-jalan dengan biaya murah tak hanya memangkas biaya tetapi juga mengetahui apa saja biaya yang paling besar digunakan.

2. Bandingkan harga penginapan

Menemukan kamar hotel murah dapat menjadi rumit dan membutuhkan sedikit usaha. Coba untuk mengunjungi sejumlah situs travel yang menawarkan harga-harga tempat penginapan dan hotel.

Atau hubungi hotel langsung untuk mengetahui berapa biaya penginapan. Selain itu pertimbangkan juga menginap hotel di luar pusat kota dan mencari penawaran menit-menit terakhir.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menginap di rumah penduduk lokal yang tawarkan kamar atau homestay.

3. Biaya makanan

Penulis James Kaiser mengatakan kalau banyak pelancong meremehkan biaya makanan, makanan ringan dan tip. Dia menyarankan untuk membawa makanan sendiri, dan membeli di toko saat Anda tiba di lokasi jalan-jalan untuk menghemat uang.

Ini tidak berarti Anda harus melewatkan restoran dan tempat makanan. Wisata kuliner dan makan di luar merupakan bagian perjalanan yang menyenangkan. Akan tetapi sebaiknya tahu kapan Anda harus memanjakan diri dan hemat.

Mulai lihat jadwal perjalanan Anda. Lihat waktu kapan Anda berbelanja secara royal kemudian cari cara hemat untuk biaya makanan lainnya.

Kemungkinan pengeluaran Anda berfluktuasi dari hari ke hari. Namun ingat untuk menyesuaikan anggaran Anda agar tidak kelebihan belanja dan makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Oleh-Oleh

4. Riset nilai mata uang

Jika Anda bepergian ke luar negeri, cari tahu tempat pertukaran mata uang yang bisa diandalkan dan dapat hemat biaya. Ini agar dapat manfaat dan sebaiknya dilakukan sebelum pergi jalan-jalan.

Selain itu, bila Anda membawa kartu kredit, pastikan untuk mengetahui apakah dikenakan biaya transaksi kalau di luar negeri. Tak hanya itu juga pastikan lembaga keuangan atau bank Anda juga memiliki cabang dan mitra di luar negeri untuk hemat biaya administrasi bila menarik uang dari ATM.

5. Biaya komunikasi

Sebuah ponsel dapat berguna saat jalan-jalan terutama untuk peta, tetap berhubungan dengan teman dan keluarga di rumah. Namun Anda sebagai turis asing juga dapat terkena biaya roaming. Oleh karena itu perhatikan biaya komunikasi ini ketika jalan-jalan di luar negeri. Sebaiknya juga membeli paket internasional.

6. Biaya oleh-oleh

Tetapkan biaya untuk oleh-oleh. Pertimbangkan untuk mencari tahu toko terbaik untuk mendapatkan harga murah untuk oleh-oleh dan suvenir. Jadi Anda tahu apa yang akan dibeli dan mendapatkan harga yang diharapkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.