Sukses

Jangan Pernah Katakan 7 Hal Ini Saat Wawancara Kerja

Jangan sampai membuat percakapan yang tidak penting pada setiap saat wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda memiliki pengalaman ketika ada panggilan kerja dan diwawancara merasa grogi, lalu hal yang sebenarnya tidak ingin disampaikan, malah keluar dari mulut Anda? Tentu saja ini jadi sesuatu yang memalukan dan tidak diinginkan.

Karenanya mengapa penting untuk bisa tenang dan memusatkan diri sebelum dan selama proses wawancara kerja berlangsung agar kejadian tersebut tidak terulang lagi di waktu berikutnya.

Ada baiknya saat sedang berada di lobi atau duduk menunggu pewawancara memanggil Anda, fokuskan pikiran dan tarik napas dalam-dalam agar suasana hati pun menjadi nyaman. Ikuti irama nafas yang Anda hirup dan keluarkan demi memusatkan pikiran.

Tiga hal di bawah ini perlu Anda tanamkan saat datang dan menghadiri wawancara kerja:

1. Ini akan baik-baik saja. Saya senang berada di sini, dan saya bisa melalui wawancara ini.

2. Hidup adalah semua tentang belajar, dan saya mendapatkan kesempatan lagi untuk belajar sesuatu yang baru pada hari ini!

3. Saya adalah orang baru yang tepat untuk perusahaan yang tepat. Saya tidak memiliki seseorang yang mengesankan dalam wawancara ini. Tugas saya hari ini adalah tetap fokus dan menjadi diri sendiri

Begitu memasuki ruang wawancara, perhatikan situasi sekeliling dan buatlah diri Anda sesantai mungkin. Bila pewawancara Anda memberi komentar atau mengajukan pertanyaan, luangkan waktu sejenak untuk berpikir sebelum berbicara.

Tujuan Anda dalam wawancara kerja adalah tetap tenang dan terpusat sehingga Anda dapat sepenuhnya menjawab pertanyaan. Jika Anda membiarkan otak sibuk dengan berbagai pikiran, maka inilah yang dapat membuat Anda tidak fokus!

Cara terbaik untuk mengilangkan berbagai pikiran yang berkecamuk di otak Anda adalah dengan fokus pada percakapan. Pusatkan perhatian, karena akan membantu Anda untuk memikirkan jawaban atas pertanyaan sebelum berbicara.

Jangan sampai membuat percakapan yang tidak penting pada setiap saat wawancara. Jika tidak, Anda bisa kelepasan bicara sehingga wawancara bisa berjalan tidak sesuai yang diharapkan.

Lalu apa saja hal yang tidak boleh Anda sampaikan ketika wawancara kerja? Berikut tujuh hal tersebut seperti dikutip dari Forbes:

1. Perusahaan ini bergerak di bidang apa?

2. Bos saya sebelumnya adalah orang yang tidak baik.

3. Apakah ada masalah jika ...?

4. Saya tidak bisa melakukan hal ini

5. Saya pekerja keras, cepat belajar, dan pernyataan lain-lain yang kurang lebih sama.

6. Saya dipecat dari pekerjaan terakhir saya karena melakukan kesalahan atau karena reputasi yang buruk.

7. Seberapa pentingkah agar saya bisa bekerja tepat waktu?

Tentu saja Anda tidak bisa bertanya kepada mereka "Apa yang dilakukan atau dikerjakan perusahaan  Anda?" Karena sekarang Anda harus tahu apa yang mereka lakukan.

Anda harus membaca situs perusahaan sebelum wawancara dan bahkan sebelum Anda mengirim lamaran kerja atau menghubungi perusahaan dengan cara lain.

Jika Anda meninggalkan pekerjaan terakhir karena alasan yang buruk, tentu saja sulit membuat pimpinan atau perusahaan baru percaya akan kinerja Anda.

Bila Anda ingin menjadi orang yang sukses di tempat baru, sebaiknya jangan sampai menimbulkan kecurigaan pada orang lain, terutama orang-orang yang baru dikenal.

Anda mungkin telah diperlakukan dengan buruk pada pekerjaan terakhir dan tidak ada yang bisa menyalahkan jika reputasi Anda menjadi buruk di tempat lama.

Tapi saat ini Anda berada di lingkungan baru, jadi buatlah kesan yang baik serta jangan pernah juga menjelekkan perusahaan lama dan mantan atasan, karena akan berdampak negatif di perusahaan yang baru.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.