Sukses

Ada Payung Hukum, Investasi UEA di RI akan Meningkat

‎Pemerintah berupaya menarik investasi dari luar negeri, salah satunya dari Uni Emirat Arab (UEA) yang sudah memastikan untuk berinvestasi.

Liputan6.com, Jakarta ‎Pemerintah berupaya menarik investasi dari luar negeri, salah satunya dari Uni Emirat Arab (UEA) yang sudah memastikan untuk berinvestasi. Untuk mewujudkannya sedang dirancang payung hukum perlindungan investasi.

‎Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, dengan adanya payung hukum perlindungan investasi UEA dengan Indonesia, maka akan mempermudah pihak UEA menanamkan modal di Indonesia. Dengan begitu diharapkan jumlah investasi akan meningkat.

"Inikan payungnya, kalau sudah ada payungnya dia lebih enak bisa mengucurnya saya berharap lebih banyak lagi," kata Arcandra, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa. (30/5/2017).

Menurut Arcandra, salah satu kerjasama yang akan dijalin dengan UEA yaitu di sektor energi. Yaitu dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung. Namun ketika ditanyakan kapasitas pembangkit bertenaga sinar mata hari yang akan dibangun pihak UEA, dia belum bisa menyebutkan.

"Masih jalan itu bagian kita bicarakan (PLTS) terapung. Berapa saya ngga ingat persisnya," tutur Arcandra.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) akan membangun PLTS terapung di waduk Cirata Jawa Barat.

Direktur Perencanaan PLN Nicke Widyawati m‎engatakan,‎ pembangunan PLTS terapung tersebut akan melibatkan perusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) Uni Emirat Arab (UEA) Masdar. Untuk diketahui, UEA telah berpengalaman menggunakan PLTS dengan harga listrik yang murah.

‎"Masdar itu kerjasama dengan PJB, PLTS yang terapung di Cirata," kata Nicke, pekan lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Arcandra Tahar dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Negara Energi dan Sumber Daya Mineral
    Arcandra Tahar dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Negara Energi dan Sumber Daya Mineral

    Arcandra Tahar