Sukses

Hadapi Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 23,5 Triliun

Rencananya, dana tunai tersebut akan sebanyak 85 persen akan disalurkan kepada masyarakat via mesin ATM, 15 persen melalui kantor cabang

Liputan6.com, Jakarta Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp 23,5 triliun atau Rp 1,1triliun/hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1438 H.

Rencananya, dana tunai tersebut akan sebanyak 85 persen akan disalurkan kepada masyarakat via mesin ATM, sedangkan 15 persen melalui kantor cabang.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi menyampaikan, penyiapan dana tunai tersebut meningkat sekitar 10 persen dari nilai yang disiapkan secara harian pada kondisi normal.

“Antisipasi ini kami siapkan mengingat perkiraan tingginya kebutuhan uang tunai pada dua pekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, terutama saat liburan dan cuti bersama,” ungkap Tardi di Plaza Mandiri, Selasa (30/5/2017).

Khusus untuk mesin ATM, Tardi melanjutkan, pihaknya juga bakal meningkatkan pasokan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari, dari sekitar Rp 900 miliar per hari, yang akan mulai berlaku pada 12 Juni hingga 23 Juni 2017. Hal ini dilakukan mengingat masa liburan Idul Fitri 1438 H yang akan berlangsung pada 26-30 Juni 2017.

“Dari nilai itu, sebesar 40 persen dari jumlah dana itu akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, sementara 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek seperti, Medan, Semarang, Surabaya dan Bandung,” tambah Tardi.

Tardi memastikan seluruh operasional layanan ATM akan tetap terjaga dengan membentuk tim ATM yang akan selalu siaga selama liburan.

Saat ini, masyarakat dapat melakukan transaksi melalui 17.694 mandiri ATM. Selain itu nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 60.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus,

Perseroan juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yakni Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000. Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman seperti Informasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Telepon/Handphone, Kartu Kredit, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Pajak, Pendidikan, Asuransi, Televisi Berlangganan, Internet, Pembelian isi ulang Pulsa.

“Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan satu unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas selama dua pekan, yakni pada 5-16 Juni 2017,” tutupnya. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.